Inilah 6 Tips Merawat AC Agar Lebih Awet

Pendingin ruangan atau AC saat ini sangat di perlukan khususnya di daerah perkotaan besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lainnya. Hal ini karena cuaca ekstrim di perkotaan yang memaksa masyarakat perkotaan menggunakan AC sebagai pendingin ruangan. Tentunya sebelum memilih AC yang ingin di gunakan, sebaiknya anda perlu mengetahui di mana anda harus mencarinya. Anda bisa mencarinya di Distributor resmi jual AC Daikin yang berada di sekitar kota anda.

Penggunaan AC yang tidak disertai perawatan berkala, akan lebih cepat merusak AC. Ketika AC anda rusak anda harus membelinya yang baru jika tidak bisa di service lagi. Tentu hal ini akan menambah beban keuangan anda. Untuk itu berikut ini beberapa tips untuk membersihkan AC Daikin secara berkala.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan AC sendiri. Tapi jika anda tidak punya waktu luang untuk membersihkan AC di rumah anda, anda bisa menghubungi tukang service AC yang berpengalaman untuk membersihkan AC anda. Berikut ini adalah 6 cara yang bisa anda lakukan.

  1. Aturlah suhu ruangan antara 23-25 derajat celcius. Dengan mengatur suhu ini anda akan menemukan kenyamanan dan juga penggunaan AC akan lebih efisien juga dapat menghemat konsumsi listrik anda.
  2. Melakukan perawatan rutin. Jika AC yang anda gunakan selama 24 jam, maka anda harus membersihkannya minimal 1 bulan sekali atau maksimal 2 bulan sekali. Jika anda tidak dapat melakukannya sendiri sebaiknya anda hubungi tukang service AC yang berpengalaman untuk membersihkan AC di rumah anda.
  3. Matikan AC jika di ruang tersebut sedang tidak di pakai dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut sangat berguna untuk meminimalkan tagihan listrik setiap bulan.
  4. Pastikan daya listrik di rumah anda cukup untuk menggunakan AC. Jika daya listrik di rumah anda tidak cukup untuk menggunakan AC hal ini dapat berdampak pada AC Split di rumah anda. AC akan bekerja terlalu keras sehingga AC akan cepat rusak.
  5. Saat menyalakan AC sebaiknya ventilasi ruangan tersebut tertutup rapat, hal ini bertujuan agar udara yang dihembuskan untuk ruangan anda cepat dingin serta tidak membuang-buang energi. Dengan menutup ventilasi juga mampu mengoptimalkan kerja AC di ruangan anda.
  1. Untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, anda dapat menambahkan perangkat kipas angin kecil. Guna dari kipas angin ini adalah untuk mempercepat srikulasi udara dingin dari AC menyebar ke sudut-sudut ruangan anda.

Demikian sedikit tips merawat AC yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, semoga dapat membantu merawat AC yang anda miliki baik di rumah atau di kantor. Apabila anda ingin hasil yang lebih maksimal sebaiknya anda menghubungi tukang service AC yang berpengalaman yang sudah jelas terpercaya dan ahli dalam mengatasi masalah AC.

Leave a Comment