Tangan Sering Sakit Saat Hamil, Mungkin Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Tangan Sering Sakit Saat Hamil, Mungkin Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Apakah Bunda seringkali rasakan tangan mati rasa, kesemutan, serta sakit waktu hamil? Hal tersebut mungkin saja tanda carpal tunnel syndrome (CTS). Walau biasanya tidak beresiko, tapi keadaan ini bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman serta mengganggu. Yuk, ketahui lebih dekat tentang CTS baca juga 

CTS pada ibu hamil berlangsung karena penimbunan cairan pada jaringan pergelangan tangan hingga mengakibatkan pembengkakan, yang umum berlangsung pada ibu hamil. Tanda ini umumnya lebih merasa waktu Bunda bangun pagi, sesudah tangan menekuk selama malam.

caption id= ” attachment_1143232 ” align= ” aligncenter ” width= ” 650 ” Cropped image of businesswoman suffering from wrist pain with computer keyboard on office desk Cropped image of businesswoman suffering from wrist pain with computer keyboard on office desk/caption

Apakah Bunda Lebih Berisiko?
CTS umumnya berlangsung pada kehamilan trimester ke-2 serta ke-3. Terkecuali rasa sakit, CTS seringkali diikuti cengkeraman tangan melemah serta jari-jari susah digerakkan. Bunda bisa merasakannya pada semua tangan, tapi terlebih pada tangan yang seringkali dipakai, terlebih pada jari tengah serta telunjuk.

Meskipun bisa berlangsung pada semuanya ibu hamil, namun ada beberapa ibu hamil yang lebih berisiko merasakannya. Sebagian keadaan bisa buat ibu hamil lebih berisiko alami CTS :

Ada anggota keluarga (umpamanya orang-tua) yang sempat alami CTS.
Sempat alami masalah atau cedera pada leher, punggung, serta bahu.
Alami kenaikan berat tubuh berlebihan waktu hamil, termasuk juga karna hamil kembar. Keadaan ini memberi desakan penambahan pada pundak, lengan, serta tulang iga.
Bila pada kehamilan terlebih dulu, ibu hamil alami CTS.
Bukan sekedar waktu hamil, CTS dapat juga berlangsung sesudah bayi lahir, yang lebih di pengaruhi oleh kesibukan waktu mengurusi bayi, dimana banyak diperlukan kemampuan tangan. Walau sekian, umumnya tanda CTS reda sesudah persalinan, bersamaan hilangnya penimbunan cairan badan serta kandungan hormon yang kembali normal.

Bila Bunda rasakan beberapa gejala CTS baiknya memperiksakan-diri ke dokter untuk perlakuan yang pas.

Langkah Menangani CTS pada Kehamilan
Bila tanda yang dirasa tidak kronis, jadi dokter mungkin saja juga akan merekomendasikan perawatan tanpa ada operasi, diantaranya :

Memakai alat bantu
Memakai penyangga pergelangan tangan pada malam hari. Dokter bisa mereferensikan bebat penyangga pergelangan tangan untuk meredakan rasa sakit.

Seringkali ambil jeda waktu lakukan aktitivitas berulang
Umpamanya, aktivitas menggendong balita atau mengetik. Bila mengetik yaitu aktivitas keseharian Bunda, coba untuk meletakkan bantalan pada alas mouse untuk menyokong pergelangan tangan, atau kerjakan peregangan badan untuk merelaksasi otot-otot serta persendian yang kaku karna kesibukan.

Batasi mengkonsumsi garam
Bunda bisa membatasi mengkonsumsi garam untuk kurangi penimbunan cairan badan.

Panduan Menghindar CTS
Bunda yang masih tetap berencana kehamilan, ada langkah yang bisa dicoba untuk menghindar CTS.

Konsumsi makanan bergizi
Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, bisa melindungi berat tubuh tidak berlebihan. Minumlah air putih, batasi konsumsi gula, garam serta lemak. Diluar itu, cukupi keperluan sayur serta buah sampai paling tidak 5 jumlah satu hari. Mengkonsumsi makanan kaya vitamin B6 untuk melindungi kesehatan system saraf, seperti brokoli, biji bunga matahari, daging tanpa ada lemak, avokad, atau ikan salmon.

Kenakan bra spesial hamil
Bra ini bisa kurangi desakan pada tulang dada serta tulang rusuk, yang dapat juga kurangi desakan pada jaras saraf yang mempersarafi sisi tangan.

Lakukan peregangan pergelangan tangan
Langkahnya, kepalkan jari serta tekuk pergelangan tangan kedalam. Kemudian, luruskan jari serta tujukan pergelangan tangan ke arah luar. Ulangilah pergerakan ini 10 kali, paling tidak sekali satu hari.

Terkecuali beberapa cara diatas, Bunda bisa memohon pasangan atau rekan untuk memijat tangan, pergelangan tangan, sampai pundak, leher, serta punggung atas. Bunda dapat juga memperhitungkan akupunktur untuk kurangi tanda CTS.

Bila rasa sakit atau tidak nyaman pada tangan tidak selekasnya reda atau merasa makin mengganggu, konsultasi bisa dikerjakan ke dokter atau dokter spesiaslis saraf untuk memperoleh perlakuan yang diperlukan.

Leave a Comment