PMS—Penyebab Wanita Jadi Sensitif Sebelum Menstruasi

PMS—Penyebab Wanita Jadi Sensitif Sebelum Menstruasi

Bila Anda seseorang wanita serta terasa mudah geram atau sedih, sakit tubuh, dan berperilaku tidak umum sepanjang sekian hari sebelumnya menstruasi, ini mungkin saja yaitu tanda PMS. Menurut website kesehatan MayoClinic. org, diprediksikan 3 dari 4 wanita yang tengah menstruasi alami PMS. Apa yang mengakibatkan PMS serta apa sajakah tandanya? Mari kita ulas jawabannya baca juga

PMS (premenstrual syndrome/sindrom pramenstruasi) memengaruhi sekitaran 75 % wanita, serta wanita yang berumur 20 th. akhir hingga 30 awal relatif alami tanda PMS yang lebih kronis. Kadang-kadang tanda itu berlangsung berulang dalam alur yang dapat diperkirakan serta mulai merasa dari 5-11 hari sebelumnya menstruasi.

Apa Saja Tanda yang Dihadapi Wanita Waktu PMS Berlangsung?

Siklus menstruasi rata-rata berjalan sepanjang 28 hari, serta sistem ovulasi (pelepasan sel telur oleh ovarium) berlangsung pada hari ke-14 dari siklus itu. Sistem menstruasi/perdarahan berlangsung pada hari ke-28 dari siklus itu. Tanda PMS umumnya berlangsung dari mulai hari ke-14 dari siklus itu serta berjalan hingga 7 hari sesudah sistem menstruasi/perdarahan diawali.

Anda mungkin saja rasakan tanda PMS yang enteng, tetapi sebagian orang yang lain rasakan tanda yang cukup berat. Hal semacam ini karena tanda PMS berlainan tiap-tiap orangnya.

Gejala-gejala PMS yang seringkali dirasa :

Mengidam makanan tertentu

Sembelit serta diare

Peka pada sinar atau suara

Mudah geram, sedih, gelisah, sampai depresi

Perubahan alur tidur

Mudah lupa

Tanda PMS terkait dengan keadaan fisik :

 

Nyeri sendi atau otot

Perut kembung atau nyeri

Timbulnya jerawat lebih dari biasanya

Kelelahan berlebih

Sakit kepala

Berat tubuh bertambah

Nyeri pada payudara

Sembelit atau diare

Apa Penyebabnya Terjadinya PMS?

Walau penyebabnya tentu PMS belum juga di ketahui, tetapi sebagian aspek dipercaya berperan dalam keadaan ini, yakni :

  1. Perubahan hormon. Sinyal serta tanda PMS bisa berlangsung bersamaan dengan perubahan hormon, dan bisa hilang sesudah menopause atau saat seseorang wanita hamil.
  2. Perubahan neurotransmiter otak. Serotonin—salah satu neurotransmiter otak, dipercaya memegang peran perlu dalam keadaan mood Anda. Kandungan serotonin yang kurang bisa mengakibatkan depresi, kelelahan berlebihan, mengidam makanan, serta masalah tidur.
  3. Stres. Walau tidak mengakibatkan PMS, stres bisa jadi memperburuk gejala-gejala PMS yang Anda alami.
  4. Pola makan yang jelek. Gejala-gejala PMS dikaitkan dengan konsumsi vitamin serta mineral yang rendah. Makanan yang memiliki kandungan garam tinggi menyebabkan penimbunan cairan, serta minuman berkafein atau mengandung alkohol bisa memengaruhi mood serta daya seorang. Ke-2 hal itu punya potensi mengakibatkan tanda PMS.

Sesudah ketahui tanda serta penyebabnya PMS, Anda mungkin saja berfikir bagaimana caranya menanggulanginya. Meskipun PMS tidak bisa sembuh, tapi Anda dapat lakukan sebagian langkah untuk kurangi tandanya. Serta satu diantara langkah yang aman yaitu dengan konsumsi Noni jus.

Noni jus bisa tingkatkan kandungan serotonin pada badan, serta hal semacam ini telah dapat dibuktikan baik dengan empiris ataupun klinis. Diluar itu, kandungan bahan aktifnya (meliputi vitamin serta mineral) yang seimbang berguna juga untuk menangani tanda PMS.

Leave a Comment