Pengertian Acyclovir Topikal

Pengertian Acyclovir Topikal

Acyclovir temaal dipakai untuk menyembuhkan cold sore atau luka melepuh karena virus herpes simpleks yang berlangsung di sekitaran bibir atau muka. Acyclovir temaal perlambat perkembangan virus herpes supaya badan dapat lebih efisien melawan infeksi. Acyclovir temaal menolong meredakan rasa sakit serta tanda yang keluar. Diluar itu, obat ini menolong percepat pengobatan luka baca juga 

Acyclovir temaal tidak dapat mengobati atau menghindar herpes, tapi cuma menghalangi perubahan infeksi. Diluar itu, obat ini tidak dapat menghindar penyebaran infeksi pada orang yang lain atau kekambuhan infeksi.

Merk dagang : Acifar Krim, Matrovir 400, Zovirax Krim, Temiral

Mengenai Acyclovir Temaal

Golongan Antiinfeksi serta Antiviral Temaal
Kategori Obat resep
Faedah Meredakan tanda infeksi herpes simplex pada kulit
Dipakai oleh Orang Dewasa
Kelompok kehamilan serta menyusui Kategori B : Studi pada binatang percobaan tidak memerlihatkan ada resiko pada janin, namun belumlah ada studi termonitor pada wanita hamil.
Bentuk obat Topikal (beri)
Pemakaian acyclovir temaal membutuhkan resep dokter. Yakinkan untuk ikuti resep serta panduan yang dianjurkan oleh dokter menurut keadaan kesehatan Anda.

Peringatan :
Acyclovir temaal tidak bisa tentang mata, hidung, serta mulut. Bersihkan dengan air bila masuk ke beberapa daerah itu. Obat ini cuma bisa dipakai di bagian luar kulit.
Senantiasa bersihkan tangan dengan teratur sesudah memoleskan obat ini ke sisi badan yang terinfeksi supaya tidak menebar ke sisi badan yang lain atau menyebar ke orang yang lain.
Untuk wanita hamil, menyusui, atau yang tengah merencanakan untuk hamil, cocokkan saran dokter mengenai penggunaan obat ini.
Tanyakanlah dosis acyclovir temaal untuk anak-anak pada dokter.
Obat ini tidak menghalangi penebaran herpes genital. Jauhi terkait seksual waktu serangan infeksi keluar atau kambuh.
Bila tanda tidak lebih baik dalam 1 minggu, selekasnya jumpai dokter.
Bila berlangsung reaksi alergi, selekasnya jumpai dokter.
Pasien yang mempunyai hipersensitivitas pada acyclovir serta valacyclovir baiknya tidak memakai obat ini.
Dosis Acyclovir Temaal
Kandungan standard acyclovir dalam obat temaal yaitu 5%. Obat ini baiknya dioles-oleskan sekitaran 5-6 kali satu hari sepanjang 5-10 hari, terlebih ketika sebelumnya tidur atau sebelumnya istirahat.

Memakai Acyclovir Temaal dengan Benar
Yakinkan untuk membaca panduan pada paket obat serta ikuti saran dokter dalam memakai acyclovir temaal. Obat ini bekerja lebih maksimum bila segera dioles-oleskan saat tanda awal keluar.

Berikan acyclovir temaal tiap-tiap 4 jam sekali, terbaik yaitu pada jam 07. 00, 11. 00, 15. 00, 19. 00, serta 23. 00.

Yakinkan kalau Anda merampungkan dosis yang telah diresepkan oleh dokter. Bila infeksi tidak lebih baik sesudah merampungkan dosis yang diresepkan, selekasnya jumpai dokter.

Bila sangat mungkin, pakai sarung tangan karet sekali gunakan untuk memoleskan acyclovir temaal pada luka untuk menghindar penebaran infeksi. Supaya dampak obat ini tidak hilang, janganlah mandi atau berenang sesudah menggunakannya.

Sebelumnya memoleskan cream ataupun salep, bersihkan serta keringkan daerah yang juga akan diolesi. Berikan obat dengan perlahan sampai menutupi daerah yang terinfeksi. Cuci tangan dengan sabun serta air sebelumnya serta sesudah memoleskan obat-obatan ini.

Obat ini cuma dipakai pada kulit luar, janganlah dioles-oleskan pada mata, hidung, sisi dalam dari mulut, atau vagina. Bila terserang bebrapa sisi itu, selekasnya bersihkan dengan air sampai bersih.

Hubungan Obat
Acyclovir temaal bisa mengakibatkan masalah peranan dari obat talimogene laherparepvec, yakni obat kanker yang merangsang badan untuk menghasilkan antitumor.

Ketahui Dampak Samping serta Bahaya Acyclovir Temaal
Acyclovir temaal bisa menyebabkan resikonya berbentuk kulit terkelupas, gatal-gatal, atau kering. Resikonya itu bisa pula berlangsung pada ruang genital untuk yang memakai obat ini untuk meredakan herpes simplex. Diluar itu, obat acyclovir temaal spesial mata bisa mengakibatkan masalah pandangan pada pemakai, hingga bisa membahayakan keselamatan diri ketika mengemudi atau menggerakkan mesin. Resikonya acyclovir temaal keluar pada 1 dari 10 orang pemakai.

Saksikan selanjutnya tentang :

Herpes
Herpes Genital (Herpes Simplex)
Herpes Zoster

Leave a Comment