Masa Menyusui

Masa Menyusui

Masa menyusui adalah referensi pemberian ASI eksklusif sepanjang 6 bln. pertama, serta setelah itu minimum sepanjang 1 th. pada bayi yang baru lahir. Sebagian instansi kesehatan negara seperti WHO serta UNICEF juga mereferensikan ASI eksklusif sepanjang 6 bln., menyusui dalam 1 jam pertama sesudah melahirkan, menyusui setiap saat bayi ingin, dan tidak memakai botol serta dot baca juga

Menyusui baiknya dikerjakan sesegera mungkin saja sesudah melahirkan. Bayi serta ibu yang lakukan sistem menyusui dalam sejam pertama sesudah melahirkan juga akan mempunyai banyak keuntungan. Diluar itu, hubungan psikologis keduanya juga makin dekat.

Bayi baru lahir baiknya disusui tiap-tiap 2-3 jam hingga bayi terasa senang. Kemudian, sistem menyusui dikerjakan minimum 5 menit pada semasing payudara pada hari pertama sesudah melahirkan. Sesudahnya, wanita hamil bisa tingkatkan frekwensi menyusui sehari-hari

Walau tidaklah perlu membatasi saat menyusui, saat menyusui sepanjang 20 menit pada semasing payudara terbilang cukuplah untuk bayi. Bila frekwensi menyusui seringkali serta pada akhirnya bisa tingkatkan produksi ASI, jadi beberapa ibu dapat juga terima keuntungan. Umpamanya, menghindar payudara nyeri karna penimbunan serta penggumpalan ASI, dan meminimalisir peluang bayi jadi kuning.

Saat menyusui, baiknya jauhi konsumsi beberapa hal di bawah ini :

Alkohol. Sesungguhnya tak ada kandungan alkohol yang ditolerir aman untuk ibu menyusui, karenanya baiknya Anda tidak meminum alkohol pada saat menyusui.

Cafein. Jauhi mengkonsumsi cafein lebih dari 2-3 gelas /hari, karna cafein yang keluar lewat ASI juga akan buat bayi gelisah serta mengganggu saat tidurnya.

Ikan. Ikan laut memanglah adalah sumber protein serta omega-3. Tetapi, umumnya ikan atau makanan laut memiliki kandungan merkuri, serta bisa tingkatkan resiko masalah perubahan saraf pada bayi. Bila menginginkan konsumsi makanan laut, pastikan yang rendah merkuri seperti udang, salmon, tuna kaleng, serta lele.

Panduan Menaruh ASI

Untuk ibu bekerja, pemberian ASI bisa dikerjakan lewat ASI perah. Dengan langkah tersebut, Anda dapat memerah ASI terlebih dulu serta disimpan di almari pendingin untuk diberi pada bayi. Di bawah ini saat penyimpanan ASI yang perlu diamati :

Pada suhu ruang, ASI dapat bertahan sampai 6-8 jam.

Pada suhu cooler box yang tertutup, ASI bisa bertahan sampai 24 jam.

Pada freezer almari es satu pintu, jadi ASI dapat disimpan s/d 2 minggu.

Pada freezer almari es dua pintu, jadi ASI dapat disimpan s/d 3-6 bln..

Pada freezer dengan pintu diatas, yaitu dengan suhu sekitaran -20 derajat Celcius, jadi ASI dapat disimpan s/d 6-12 bln..

Strategi pengemasan serta penyimpanan ASI perah yang lain adalah :

Basuh tangan dengan bersih sebelumnya memerah ataupun menaruh ASI. Wadah penyimpanan juga mesti di pastikan bersih. Anda bisa memakai botol kaca atau container plastik dengan tutup yang rapat, dengan bahan bebas bisphenol A (BPA).

Jauhi penggunaan kantong plastik umum ataupun botol susu disposable, karna wadah-wadah ini gampang bocor serta terkontaminasi.

Bersihkan container dengan air panas serta sabun, dan dianginkan sampai kering sebelumnya digunakan.

Taruh ASI sesuai sama keperluan bayi. Yakinkan kalau pada wadah ASI sudah di beri label diisi nama anak serta tanggal ASI diperah. Tanggal kapan ASI diperah butuh tercantum untuk meyakinkan kalau ASI yang digunakan adalah ASI yang lebih lama.

Janganlah mencampurkan ASI yang sudah dibekukan dengan ASI yang masih tetap baru pada wadah penyimpanan.

Janganlah menaruh sisa ASI yang telah dikonsumsi untuk pemberian selanjutnya.

Putar container ASI supaya sisi yang memiliki kandungan cream di bagian atas tercampur rata. Janganlah mengocok ASI karna bisa mengakibatkan kerusakan komponen perlu dalam susu.

Kencangkan tutup botol atau container ketika ASI sudah membeku seutuhnya.

Sisakan ruangan sekitaran 2. 5 cm dari tutup botol, karna volume ASI juga akan bertambah ketika beku.

Janganlah menaruh ASI di bagian pintu almari es atau freezer.

Disamping itu, banyak hal yang baiknya di perhatikan saat juga akan menghangatkan ASI sesudah dibekukan, yakni :

Check tanggal pada label wadah ASI. Pakai ASI yang paling dahulu disimpan.

ASI tidak mesti dihangatkan. Sebagian ibu memberinya dalam kondisi dingin.

Untuk ASI beku, pindahkan wadah ke almari es sepanjang 1 malam atau kedalam bak diisi air dingin. Naikkan suhu air perlahan sampai menjangkau suhu pemberian ASI.

Untuk ASI dalam almari es, pertama-tama hangatkan wadah ASI dalam bak diisi air hangat atau air dalam panci yang sudah dipanaskan sepanjang sebagian menit.

Yang perlu diingat, janganlah menghangatkan ASI dengan api kompor dengan segera serta menyimpan wadah ke microwave. Hal semacam ini karena microwave tidak bisa memanaskan ASI dengan rata serta malah bisa mengakibatkan kerusakan komponen ASI. Botol dapat juga pecah apabila dimasukkan ke microwave kurun waktu lama. Diluar itu, jauhi membekukan ulang ASI yang telah dihangatkan.

Panduan Sepanjang Menyusui

Menyusui kadang-kadang bisa buat payudara nyeri serta bengkak. Untuk menangani nyeri ini, Anda bisa memoleskan cream vaselin pada payudara. Pperubahan tempat menyusui untuk memutar titik stres pada puting dapat juga dikerjakan. Diluar itu, baiknya bayi berhenti dulu menghisap puting sebelumnya mengangkatnya dari payudara.

Wanita yang menyusui memerlukan 500-1000 kalori semakin banyak dari wanita yg tidak menyusui. Mereka juga rawan pada kekurangan magnesium, vitamin B6, folat, kalsium, serta seng. Oleh karenanya, wanita menyusui mesti konsumsi konsumsi nutrisi yang kuat serta jauh dari stres. Minimnya nutrisi serta stres bisa turunkan jumlah produksi ASI.

Karena konsumsi yang dikonsumsi ibu adalah hal terutama untuk kesuksesan produksi ASI, di bawah ini beberapa hal yang perlu di perhatikan :

Sepanjang menyusui Anda butuh makan sedikit semakin banyak, yaitu dengan menaikkan 400-500 kalori /hari. Untuk memperoleh kalori penambahan ini, pastikan makanan yang kaya nutrisi seperti selembar roti gandum dengan selai kacang, buah-buahan seperti apel serta pisang, atau yoghurt rendah lemak.

Tak ada ketentuan alur makan spesial untuk ibu menyusui, namun yang terutama adalah konsentrasi dalam penentuan makanan dan minuman yang sehat untuk menolong produksi ASI. Makanlah makanan bergizi seperti sayur serta buah, serta janganlah lupa untuk mencucinya terlebih dulu untuk menyingkirkan sisa pestisida.

Yakinkan Anda minum seringkali, terlebih saat memberi ASI. Minumlah semakin banyak bila urine Anda berwarna lebih gelap. Cukupi keperluan cairan ini sekurang-kurangnya 8 gelas satu hari.

ASI memanglah bertindak perlu, baik untuk bayi lahir normal ataupun prematur. Tetapi sayangnya, ASI tidak mempunyai supply zat besi yang cukup untuk bayi prematur. Karenanya, suplementasi zat besi baiknya diberi pada ibu menyusui dengan bayi prematur.

Leave a Comment