Mari Bersiap Sediakan Makanan Bayi 1 Th. yang Tepat

Makanan bayi 1 th. telah lebih beragam. Di masa ini, bayi telah dapat bertukar dari mengkonsumsi ASI ke susu sapi. Anda juga telah dapat memberi beragam makanan ringan padat, terutama bila Anda telah menyapihnya.baca juga

Mari Bersiap Sediakan Makanan Bayi 1 Th. yang Tepat

Meskipun demikian, jauhi memberi susu rendah lemak karna pada umur ini bayi memerlukan lemak penambahan untuk perkembangan otak yang sehat. Susu atau makanan rendah lemak baru dapat Anda beri saat bayi berumur dua th. itu juga dengan pengawasan atau anjuran dari pakar gizi.

Pada umur 1 th. juga akan terdapat beberapa perubahan dalam alur makan Si Kecil. Berat tubuhnya juga akan tumbuh amat cepat, yakni menjangkau 3x lipat berat tubuh pada saat lahir. Tetapi, sesudahnya ada peluang berat tubuh malah melambat serta selera makannya beralih karena ada perubahan kesibukan.

Janganlah terperanjat saat Anda merasakan bayi yang begitu suka pada makanan spesifik sepanjang minggu ini, tetapi jadi tidak menyenanginya sekalipun pada minggu selanjutnya. Perubahan alur makan yang mungkin saja berlangsung yaitu pada siang hari bayi makan banyak, tetapi pada malam hari tidak berselera untuk makan. Hal itu normal berlangsung pada bayi umur 1 th..

Menu Makanan Bayi 1 Tahun

Anda tidaklah perlu bingung dalam memilihkan menu makanan bayi 1 th.. Sebagian resep berikut ini bisa Anda cobalah.

Seafood – campur ikan salmon dengan 2 sdm keju. Aduk rata serta gabungkan dengan kentang tumbuk.

Semangka – leburkan dua mangkuk semangka tanpa ada biji. Berikan satu mangkuk strobery serta ¼ cangkir yoghurt rasa vanilla. Dinginkan serta siap disajikan.

Pisang – potong pisang sekitaran 2 cm. Berikan susu cokelat kental manis. Sajikan jadi makanan ringan.

Kacang-kacangan – rebus serta tumbuk kacang-kacangan (kacang merah atau type kacang yang lain), lalu berikan yoghurt. Siap disajikan.

Panekuk – Anda bisa memakai adonan panekuk instan. Sesudah masak, berikan yoghurt serta buah-buahan di atasnya.

Walau banyak bahan makanan yang telah bisa di buat jadi menu makanan bayi 1 th., saat pemberian makanan tetaplah butuh sesuai. Saat yang dianjurkan yaitu 3x makanan paling utama serta 2-3 kali makanan selingan. Beri jumlah yang kecil karna kemampuan perut bayi masih tetap sedikit pada umur ini. Diluar itu, bayi juga belum juga dapat makan dengan jumlah besar dalam 1x makan.

Terkecuali beragam, makanan bayi 1 th. telah dapat disamakan dengan makanan untuk dewasa, tetapi yakinkan kalau makanan itu tidak memiliki kandungan banyak garam. Karenanya, jauhi memberi makanan siap saji pada bayi 1 th. karna makanan cepat saji biasanya memiliki kandungan banyak garam.

Berikan Peluang Kadang-kadang untuk Makan Sendiri

Bayi 1 th. mulai tertarik untuk makan sendiri. Berilah peluang untuk melatih jari-jarinya. Kadang-kadang menyuapkan makanan ke mulut juga tidak apa-apa karna efisien juga dalam melatih system koordinasi motorik. Beri sendok supaya bayi semakin tertarik untuk makan.

Walau terkadang belum juga cocok dalam memasukkan makanan ke mulut memakai sendok, makan sendiri dapat menolong dianya berlatih dalam memegang perlengkapan makan itu. Sudah pasti Anda juga masih tetap mesti membantunya dalam menyuapkan makanan supaya sistem makan jadi lebih cepat, terlebih saat bayi tengah lapar.

Walau makanan bayi 1 th. telah lebih gampang, Anda tetaplah mesti waspada dalam memberinya. Jauhi memberi makanan yang mungkin saja membuatnya tersedak, seperti buah yang dipotong sangat besar atau kacang-kacangan yang susah dikunyah. Jadi lebih dianjurkan selalu untuk mengikuti bayi setiap saat makan.

Leave a Comment