Manfaat daun inggu untuk kesehatan

Manfaat daun inggu untuk kesehatan

Hasil gambar untuk Manfaat daun inggu untuk kesehatan

Tanaman Ruta, biasanya di kenal jadi Rue, di Indonesia tanaman ini lebih akrab dikatakan sebagai daun inggu. Tanaman ini adalah genus sub semak hijau yang begitu beraroma. Nyatanya faedah daun inggu untuk kuliner serta kesehatan sudah lama dipakai di semua kebiasaan dunia. Nama beda daun inggu dimaksud daun Minggu, Aruda, Anrudabosu, nama latin daun inggu dimaksud Ruta sp. Menurut kebiasaan, satu diantara faedah daun inggu untuk obat batuk, demam serta menangani kejang-kejang.

Ekstrak tanaman Rue sudah dipakai untuk menyembuhkan mata capek, sakit mata, serta jadi obat nyamuk. Tanaman rue memiliki kandungan antispasmodik, menangani problem menstruasi, abortifacient, serta obat penenang. Perlu di perhatikan dalam memakai ekstrak rue, minyak serta daunnya dapat mengakibatkan terik di lokasi tropis. Sebagian orang bereaksi tambah lebih peka, hingga butuh di perhatikan pemakaiannya.

Ciri-Ciri Serta Kandungan Daun Inggu

Tanda-tanda daun inggu terlihat ciri khas, diikuti dengan tinggi tanaman pada 20 sampai 60 cm. Rue datang dari keluarga Rutaceae, biasanya di kenal serta berkembang di lokasi Mediterania, Macaronesia serta Asia barat daya. Paling tidak ada 8 hingga 40 spesies dalam genus ini. Spesies yang paling populer yaitu Ruta graveolens (rue atau Common rue), di Indonesia berkembang spesis Ruta angustifolia L. Pers (Egyptian rue).

Bentuk daun inggu bipinnate (menyirip) 3x lipat, daun berbulu, serta berwarna hijau atau biru-hijau yang begitu kecokelatan. Bunganya berwarna kuning, terbagi dalam 4 sampai 5 kelopak bunga dengan diameter sekitaran 1 cm. Buah inggu berbentuk kapsul 4 sampai 5 lobed yang memiliki kandungan banyak biji.

Kandungan kimia tanaman inggu salah satunya coumarins umbelliferone, scopoletin, psoralen, xanthotoxin, isopimpinellin. Rutamarin serta rutacultin, alkaloid skimmianine, kokusaginine, 6-methoxydictamnine serta edulinine. Ekstrak daun hasilkan kimia etil asetat, furanocoumarins (1 alkinoid kuinolin serta 4 alkalioid kuinolon). Ekstrak kloroform dari akar, batang serta daun tunjukkan isolasi dari furanocoumarin chalepensin. Tanaman ini hasilkan minyak esensial yang memiliki kandungan dua unsur kimia paling utama, yakni undecan-2-one (46, 8%) serta nonan-2-one (18, 8%).

Di lokasi Eropa serta Mediterania, spesis Ruta graveolens, dipakai jadi tanaman hias serta ramuan herbal rahim. Tanaman ini asli dari Semenanjung Balkan, lalu berkembang di semua dunia. Tanaman ini kadang-kadang bertoleransi pada keadaan tanah panas serta kering. Juga dibudidayakan jadi ramuan obat, bumbu masakan, serta jadi herba obat nyamuk.

Leave a Comment