Malabsorbsi Makanan

Malabsorbsi Makanan

Usus halus adalah sisi system pencernaan yang berperan menyerap nutrisi dari makanan yang sudah dibuat, masuk ke peredaran darah. Sindrom malabsorbsi makanan berlangsung saat usus halus alami masalah dalam menyerap cairan serta nutrisi dengan mencukupi manjakani aceh

Setelah itu yang dimaksud nutrisi tersebut adalah, termasuk juga nutrisi makro seperti karbohidrat, protein serta lemak ; dan nutrisi mikro yakni berbentuk vitamin serta mineral. Sindrom malabsorsi ini tidak dapat dilihat sepele karna mereka yang merasakannya bisa alami dampak yang lebih serius, seperti gampang terserang infeksi bahkan juga hingga patah tulang.

Penyebab

Beberapa hal bisa menghambat sistem penyerapan nutrisi oleh usus halus, dari kelainan bawaan lahir hingga infeksi. Sebagian penyebabnya beda dapat juga berlangsung, seperti :

rusaknya pada usus karna infeksi, peradangan, trauma, atau bedah

pemakaian antibiotik periode panjang

keadaan beda seperti penyakit celiac, penyakit Crohn, fibrosis kistik, pankreatitis kronis

intoleransi laktosa

kelainan bawaan lahir seperti atresia empedu, sindrom usus pendek

penyakit kantong empedu, hati atau pankreas

infeksi parasit

radiasi yang bisa mengakibatkan kerusakan susunan dalam usus

sebagian obat yang bisa mengakibatkan kerusakan susunan dalam usus seperti tetrasiklin, kolkisin atau kolestiramin

infeksi bakteri pada penyakit Whipple

mengkonsumsi alkohol yang berlebihan

kisah perjalanan ke Karibia, India, serta sisi beda Asia Tenggara (dikarenakan oleh keracunan makanan, infeksi, atau parasit)

Diagnosis

Dokter juga akan mendiagnosis sindrom ini lewat cara-cara kontrol. Juga akan dicek bila ada tanda seperti diare kritis, defisiensi nutrisi, atau penurunan berat tubuh yang penting meskipun telah konsumsi makanan bergizi.

Sebagian tes bisa mensupport diagnosis, seperti :

Tes feses

Feses pasien sindrom malabsorbsi umumnya memiliki kandungan lemak.

Tes darah

Tes darah bisa menilainya dengan khusus kandungan nutrisi pada badan seperti vitamin B12, vitamin D, folat, besi, kalsium, albumin, protein, serta yang lain. Tapi, kekurangan atau defisiensi satu diantara type nutrisi itu tidak selamanya karna malabsorbsi makanan. Dapat pula dikarenakan oleh minimnya konsumsi makanan yang bergizi.

Tes napas

Tes ini dikerjakan bila ada keraguan intoleransi laktosa. Gas hidrogen juga akan terdeteksi di napas jadi hasil pencernaan laktosa pada usus besar. Wajarnya, laktosa juga akan diserap usus halus sebelumnya ke kolon.

Radiologi

Langkah ini dikerjakan untuk mencari ada problem struktural. CT scan umpamanya, dikerjakan untuk mencari apabila ada penebalan pada dinding usus halus seperti yang didapati pada penyakit Crohn.

Biopsi

Dokter dapat juga merekomendasikan biopsi dengan endoskopi untuk mengecek apabila berlangsung kelainan sel pada dinding dalam usus halus.

Tanda

Tanda malabsorbsi makanan juga akan tidak sama bergantung pada type nutrisi yg tidak bisa diserap hingga keluar dari system pencernaan. Tanda beda bisa diperlihatkan berbentuk kekurangan nutrisi spesifik.

Tersebut gejala-gejala yang keluar karena malabsorbsi nutrisi :

Lemak : feses jadi berwarna jelas, berbau busuk, lembek, besar, mengapung serta susah untuk disiram

Protein : rambut jadi kering serta gampang rontok ; badan jadi bengkak karna retensi cairan

Gula spesifik : perut jadi kembung, diare dengan gas

Vitamin spesifik : anemia, malnutrisi, desakan darah rendah, berat tubuh alami penurunan, kehilangan otot

Tanda beda, tergantung pada umur serta type kelamin, dapat berbentuk berhentinya menstruasi, perkembangan terhalang pada anak-anak, serta tanda kekurangan gizi yang lain.

Penyembuhan

Maksud awal penyembuhan umumnya untuk meredakan beragam tanda yang muncul seperti diare. Obat seperti loperamid bisa menolong. Setelah itu, penyembuhan malabsorbsi makanan yaitu dengan menukar cairan serta nutrisi yang tidak dapat diserap oleh usus halus.

Mereka yang alami malabsorbsi bisa berkonsultasi ke dokter spesialis gizi untuk buat gagasan alur makan yang dibutuhkan –termasuk mengkonsumsi suplemen enzim, vitamin, serta penyesuaian jumlah dan type makanan.

Mencegah

Mencegah malabsorbsi makanan yaitu dengan hindari pemicunya, walau tidak semuanya sumber problem bisa dijauhi demikian saja. Misalnya, pasien intoleransi laktosa baiknya hindari product laktosa seperti susu serta product olahannya.

Upayakan juga alur makan sehat seimbang. Cermati juga sebisa-bisanya kebersihan makanan supaya system pencernaan terlepas dari bakteri ataupun parasit yang merugikan.

Leave a Comment