kolera

kolera

Kolera adalah penyakit karena infeksi usus kecil yang dikarenakan oleh bakteri Vibrio cholerae. Penyakit ini umumnya menginfeksi lewat makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi kanza manjakani

Bakteri Vibrio cholera keluarkan toksin di usus yang menyebabkan terjadinya diare yang dibarengi muntah. Bila tidak selekasnya dikerjakan, Anda dapat kehilangan banyak cairan serta alami dehidrasi. Bahkan juga penyakit kolera dapat meneror jiwa.

Komplikasi

Kehilangan cairan dalam jumlah besar dapat menyebabkan fatal. Anda mungkin alami dehidrasi kronis serta syok karena hal itu. Diluar itu, terdapat banyak komplikasi yang dapat juga berlangsung, seperti :

Hipokalemia. Ini adalah keadaan diamana Anda alami kekurangan kalium. Mengakibatkan dapat berlangsung masalah peranan jantung serta saraf.

Hipoglisemia. Kadang-kadang waktu diserang kolera, penderitanya relatif tidak menginginkan makan. Mengakibatkan kandungan gula darah alami penurunan bahkan juga mungkin sangat rendah.

Tidak berhasil ginjl. Hal semacam ini berlangsung karena hilangnya peranan ginjal yang membuatnya keluarkan cairan serta elektrolit dalam jumlah besar.

Dokter juga akan lakukan diagnosis kolera lewat rangkaian wawancara berdasar pada beberapa tandanya. Untuk menguatkan diagnosis, terkecuali kontrol fisik dokter juga lakukan kontrol pada usapan rektum atau contoh tinja fresh.

Karna penyakit ini dapat jadi beresiko, disarankan untuk secepat mungkin saja berkonsultasi ke dokter bila Anda alami beberapa gejala kolera.

Tanda

Tanda kolera tidak segera dirasa, namun diawali dalam periode waktu 1-3 hari sesudah terinfeksi bakteri. Tandanya beragam, dari mulai diare enteng hingga diare berat yang dapat menyebabkan fatal. Dalam sebagian masalah, orang yang terinfeksi malah tidak tunjukkan tanda apapun.

Umumnya penyakit diawali dengan diare encer seperti air yang berlangsung dengan mendadak, tanpa ada rasa sakit serta muntah-muntah. Pada masalah yang berat, diare mengakibatkan kehilangan cairan hingga 1 liter dalam 1 jam.

Kehilangan cairan serta garam yang terlalu berlebih juga akan mengakibatkan Anda alami dehidrasi dibarengi rasa haus yang hebat. Tidak cuma itu, Anda juga alami kram otot, penurunan produksi air kemih, hingga tubuh merasa begitu lemah.

Waktu dehidrasi, banyak cairan yang hilang dari jaringan bisa mengakibatkan mata jadi cekung serta kulit jari-jari tangan mengeriput. Bila tidak selekasnya diobati, tidak seimbangan volume darah serta penambahan konsentrasi garam dapat mengakibatkan tidak berhasil ginjal, syok, sampai koma.

Tanda kolera umumnya menghilang dalam 3-6 hari. Umumnya pasien juga akan terlepas dari bakteri ini kurun waktu 2 minggu.

Penyembuhan

Perlakuan pertama bila menanggung derita kolera adalah perbanyak konsumsi cairan untuk menghindar dehidrasi karena kolera. Begitu perlu untuk selekasnya ganti kehilangan cairan, garam, serta mineral dari badan. Untuk pasien yang alami dehidrasi berat, cairan juga akan diberi lewat infus.

Disamping itu, di daerah yang terjangkit wabah kolera, terkadang cairan diberi lewat selang yang dimasukkan lewat hidung menuju ke lambung. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk percepat perubahan cairan.

Apabila dehidrasi telah diatasi, maksud penyembuhan setelah itu adalah untuk menukar jumlah cairan yang hilang karna diare serta muntah. Penyembuhan awal dengan tetrasiklin atau antibiotik yang lain dapat membunuh bakteri serta umumnya juga akan hentikan diare dalam 48 jam.

Apabila ada di daerah resisten dengan wabah kolera atau Vibrio cholerae, bisa dipakai furozolidone. Makanan padat dapat diberi sesudah muntah-muntah berhenti serta nafsu makan telah kembali.

Mencegah

Untuk menghindar kolera, perlu untuk lakukan penjernihan cadangan air serta pembuangan tinja yang penuhi standard. Diluar itu, minumlah air yang telah terlebih dulu dibuat. Jauhi konsumsi sayuran mentah atau ikan serta kerang yg tidak dibuat hingga masak.

Pemberian antibiotik tetrasiklin dapat juga menolong menghindar penyakit pada beberapa orang yang keduanya sama memakai perabotan tempat tinggal dengan pasien kolera. Disamping itu, vaksinasi kolera tidaklah terlalu disarankan karna perlindungan yang didapatkan tidak menyeluruh.

Penyebab

Penyebabnya penyakit kolera adalah bakteri Vibrio cholerae. Bakteri itu hasilkan toksin yang mengakibatkan usus halus melepas beberapa besar cairan yang banyak terkandung garam serta mineral. Karna bakteri ini peka pada asam lambung, jadi pasien yang kekurangan asam lambung relatif menanggung derita penyakit ini.

Kolera dapat juga menyebar lewat air yang diminum, makanan laut atau makanan yang lain yang tercemar oleh kotoran orang yang terinfeksi

Leave a Comment