Kenali Tanda Keputihan Tidak Normal Sejak Dini

Tiap-tiap wanita tentu sempat alami keputihan. Wajarnya, kelenjar didalam vagina memproduksinya supaya vagina tidak kering dan berperan untuk membawa keluar beberapa sel mati dan kuman hingga vagina tetaplah bersih.

Kenali Tanda Keputihan Tidak Normal Sejak Dini

Keputihan yang normal umumnya berwarna bening serta tidak berbau atau menyebabkan yang dirasakan seperti gatal serta rasa tidak nyaman. Namun, ada waktu dimana keputihan jadi tidak normal.

baca juga : Bolehkah Menggunakan Pantyliner Setiap Hari?

Kapan keputihan jadi tidak normal?

Udara panas buat keadaan badan jadi lembap, termasuk juga ruang kewanitaan. Keadaan lembap buat bakteri tumbuh secara cepat sampai bisa menyebabkan gatal, iritasi sampai keputihan yg tidak normal.

Keputihan yang butuh diwaspadai adalah yang dibarengi sinyal tanda tersebut :

Berwarna abu-abu, kehijauan, kekuningan, atau dibarengi bercak darah

Berbau tidak sedap seperti berbau amis atau seperti daging busuk

Ketekunan jadi begitu padat atau bergumpal-gumpal seperti keju

Jumlahnya begitu banyak

Dibarengi yang dirasakan seperti gatal-gatal, perih di sekitaran mulut vagina, nyeri waktu berkemih, nyeri perut bawah, nyeri waktu terkait intim, alami perdarahan diluar siklus haid atau sesudah terkait intim

Sinyal tanda itu umumnya tunjukkan kalau keputihan dikarenakan oleh infeksi kuman seperti bakteri, jamur, parasit, serta virus. Kuman-kuman ini dapat datang dari flora normal didalam vagina ataupun karena infeksi menyebar seksual.

Keputihan yg tidak normal dapat juga dikarenakan oleh kondom atau tampon yang ketinggalan didalam vagina atau karena seringkali membersihkan sisi dalam vagina (douching). Douching juga akan mengganggu keseimbangan flora normal vagina hingga menyebabkan keputihan.

Keputihan yg tidak normal mesti selekasnya diobati karna infeksi bisa ‘naik’ ke rahim serta sisi dalam panggul. Bila dilewatkan, komplikasi bisa keluar berbentuk penyakit radang panggul. Dalam periode panjang, penyakit ini bisa menyebabkan masalah kesuburan.

Jika memang perlu, pakai pantyliner dengan kandungan antiseptik alami yang bisa menghalangi perkembangan bakteri penyebabnya keputihan tidak normal. Pemakaian pantyliner mesti dibarengi dengan penggunaan yang teratur, yakni ditukar tiap-tiap tiga jam.

Karenanya, apabila Anda alami keputihan dengan tanda-tanda tidak normal yang tidak kunjung pulih, selekasnya periksakan diri ke dokter. Ini perlu supaya bisa diobati dengan pas. Yuk, jagalah kesehatan ruang kewanitaan supaya senantiasa bersih serta sehat!

Leave a Comment