Kanker Prostat

Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit karena beberapa sel di kelenjar prostat beralih jadi sel ganas yang mengakibatkan prostat jadi membesar, keras, serta berbenjol-benjol. Kanker prostat adalah satu diantara type kanker tersering pada pria. Biasanya berlangsung pada pria diatas umur 50 th baca juga

Kelenjar prostat terdapat dibawah kandung kencing pria. Peranannya adalah untuk hasilkan air mani jadi sumber nutrisi sperma.

Penyebab

Sampai sekarang ini, penyebabnya kanker prostat belum juga di ketahui dengan tentu. Disangka mutasi gen spesifik sebagai pemicunya. Pria yang berumur 50 th. ke atas serta pria yang mempunyai kisah kanker prostat dalam keluarganya lebih berisiko merasakannya.

Diagnosis

Jadi kontrol simpel untuk memastikan diagnosis kanker prostat, dokter biasanya juga akan lakukan kontrol colok dubur, lewat cara memasukkan jari ke anus pasien untuk ketahui bentuk serta ukuran prostat. Apabila prostat yang teraba besar, keras, serta berbenjol-benjol, kontrol selanjutnya mesti dikerjakan.

Kontrol kelanjutan yang dikerjakan adalah kontrol PSA (prostate specific antigen) lewat kontrol darah, dan USG prostat. Apabila akhirnya menghadap pada peluang kanker prostat, untuk memastikannya, juga akan dikerjakan biopsi.

Tanda

Pada fase awal, kanker prostat biasanya tidak bergejala. Apabila ada tanda, hal semacam ini yang umumnya dihadapi :

Seringkali buang air kecil, terlebih pada malam hari

Susah untuk menahan buang air kecil

Ada darah di air seni

Nyeri waktu buang air kecil atau waktu ejakulasi

Pada fase lanjut, kanker prostat begitu seringkali menyebar (bermetastasis) ke tulang hingga menyebabkan rasa nyeri hebat di tulang belakang, tulang panggul, atau di pangkal paha.

Penyembuhan

Penyembuhan kanker prostat bergantung pada fase penyakitnya. Pada fase awal, penyembuhan dikerjakan dengan operasi pengangkatan prostat (prostatektomi). Pada masalah spesifik juga dibutuhkan aksi radiasi.

Pada fase lanjut, operasi telah tidak bisa dikerjakan. Penyembuhan yang dikerjakan yaitu dengan kemoterapi serta memberi obat hormonal. Obat hormonal itu dikonsumsi terus-terusan dalam periode panjang.

Apabila ada metastasis ke tulang, radiasi di daerah tulang juga butuh dikerjakan. Penyembuhan pada fase lanjut tidak mempunyai tujuan untuk mengobati, tetapi untuk kurangi ukuran tumor serta kurangi yang dirasakan penderitanya.

Mencegah

Tidak beberapa hal yang bisa dikerjakan untuk menghindar kanker prostat. Tetapi lakukan pola hidup sehat sudah dapat dibuktikan turunkan resiko kanker pada umumnya. Pola hidup sehat itu adalah :

Konsumsi sepiring buah serta sayur tiap-tiap hari

Lakukan latihan jasmani 4–5 kali dalam seminggu

Pertahankan berat tubuh baik

Leave a Comment