Inilah Penyebab Sering Mengantuk

Inilah Penyebab Sering Mengantuk

Lihatlah sekitaran Anda : ada pria yang terkantuk-kantuk di bus, rekanan kerja yang tertidur sepanjang meeting yang menjemukan, serta beberapa orang dengan kelopak mata berat tengah mengantri di kedai kopi pada sore hari. Seperti mereka, pekerjaan Anda mungkin saja buat Anda kurang tidur—dan parahnya sekali lagi, Anda sekalipun tidak menyadarinya. Ini mungkin saja satu diantara penyebabnya seringkali mengantuk baca juga

Kantuk yang terlalu berlebih dapat menyebabkan karena serius. Anda dapat tertidur waktu menanti lampu merah, umpamanya. Serta keadaan kurang tidur seringkali dihubungkan dengan desakan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan kegemukan.

Beberapa orang bekerja sangat keras serta dengan berniat membatasi saat tidur mereka jadi 6 jam, walau mereka semestinya dapat tidur 7 atau bahkan juga 8 jam dalam semalam. Karenanya, banyak dari mereka alami masalah seringkali mengantuk di siang hari.

Apa Penyebabnya Seringkali Mengantuk?

Problem tidur datang dari beragam penyebabnya, dari mulai jet lag, kerja lembur, serta kerja bertukaran shift yang bertentangan dengan ritem tidur alami badan. Walau banyak dari kita yang alami problem seringkali mengantuk karna berniat kurangi jam tidur, namun yang beda tidak sekian. Ada yang alami masalah tidur, umpamanya apnea tidur, sindrom kaki gelisah, atau nakrolepsi.

Mereka yang bekerja lembur atau bertukaran shift mungkin saja juga akan alami masalah tidur, yang diikuti dengan kantuk terlalu berlebih di saat jam kerja malam serta insomnia saat mereka coba tidur di siang hari.

Lepas dari pemicunya, kantuk yang terlalu berlebih tidaklah yang dirasakan yang umum saja. Pria ataupun wanita yang seringkali mengantuk tidak mampu berkonsentrasi untuk merampungkan beberapa pekerjaan atau tetaplah terbangun pada saat mengemudi. Banyak pula yang tertidur pada saat mengantri di ruangan tunggulah.

Sebagian orang coba mengatasinya dengan mengkonsumsi cafein atau stimulan beda. Tetapi ini dapat mengakibatkan keburukan beda. Sangat banyak konsumsi cafein atau sangat malam minum kopi selanjutnya buat mereka menanggung derita insomnia pada malam hari.

Apa Hubungan dengan Kwalitas Tidur yang Jelek?

Umumnya orang dewasa memerlukan 7 hingga 8 jam tidur per malam. Walau demikian sebagian orang dapat tidur kurang dari 7 jam atau jadi lebih dari 8 jam untuk dapat betul-betul bangun dengan fresh.

Orang yang kurang tidur atau yang tidurnya tidak berkwalitas dapat menanggung derita karena jelek. Seperti yang telah disinggung dimuka artikel, kurang tidur adalah aspek resiko dari beragam penyakit serius ; hipertensi, penyakit jantung, stroke, diabetes, kegemukan, serta demensia.

Bila Anda terasa telah cukup tidur namun masih tetap seringkali mengantuk di siang hari, Anda mungkin saja alami masalah tidur. Masalah tidur mengganggu kekuatan seorang untuk tertidur atau tetaplah tertidur, serta masalah ini dapat menyebabkan tingkah laku aneh waktu tidur, umpamanya tidur sembari jalan. Sebagian masalah tidur bahkan juga menyebabkan “serangan tidur”—dimana seorang dapat mendadak tertidur di siang hari.

Beberapa Tanda Masalah Tidur

Perlu saat lebih dari 30 menit untuk dapat tertidur

Senantiasa bangun berulang-kali tiap-tiap malam serta susah untuk kembali tidur

Seringkali mengantuk di siang hari, seringkali tidur siang, atau tidak berniat tertidur di siang hari

Mendengkur keras, terengah-engah, mendengus, tersedak atau berhenti bernapas waktu tidur—ini umumnya di ketahui oleh rekan tidur Anda

Kesemutan atau sensasi seperti ada yang merayap di kaki atau lengan, terlebih saat Anda akan tertidur

Kaki atau lengan seringkali bergerak saat tidur

Bangun dengan sakit kepala

Alami mimpi yang seperti nyata

Tingkah laku aneh waktu tidur, seperti tidur sembari berjalan

Otot seringkali mendadak lemah saat Anda geram, takut, atau tertawa

Terasa tidak dapat menggerakkan badan saat bangun tidur

Masalah Tidur jadi Penyebabnya Seringkali Mengantuk

Umumnya dari masalah tidur tidak sering berlangsung. Namun sebagian masalah tidur, umpamanya apnea tidur atau sindrom kaki gelisah, umum dihadapi. Sebagian masalah tidur yang umum dihadapi salah satunya :

Insomnia : Masalah tidur ini buat Anda susah tertidur atau tetaplah tertidur. Kwalitas tidur jadi begitu rendah, mengakibatkan Anda bangun tidur dengan perasaan tidak fresh.

Apnea tidur : Masalah tidur ini buat Anda mendengkur keras, terengah-engah, tersedak, berhenti bernapas sebentar, serta terbangun mendadak. Pada siang hari, pasien apnea tidur seringkali terasa begitu mengantuk. Apnea tidur tingkatkan resiko desakan darah tinggi, stroke, serta serangan jantung.

Sindrom kaki gelisah : Ini mengakibatkan dorongan yang tidak tertahankan untuk menggerakkan kaki waktu Anda tengah berbaring. Penderitanya juga mungkin saja terasa ada yang merayap, merangkak, terbakar, atau sensasi menyakitkan di kaki. Pergerakan menyentak berulang atau berkedut dari kaki atau lengan sepanjang tidur mengakibatkan tidur yang terganggu serta tidak beri kesegaran.

Parasomnia : Ini adalah tingkah laku abnormal sepanjang tidur, termasuk juga tidur sembari jalan, tidur sembari bicara, membentur-benturkan kepala, duduk, memukul, serta berteriak sepanjang tidur. Penderitanya mungkin saja menendang, memukul, atau mengayunkan lengan mereka dengan tidak berniat sesaat mereka tengah tidur fase REM. Masalah tidur ini umumnya dihadapi oleh pria berumur lanjut. Masalah ini dihubungkan dengan penambahan resiko penyakit Parkinson.

Nakrolepsi : Tanda paling utama nakrolepsi adalah perasaan seringkali mengantuk di siang hari atau “serangan tidur” berulang yang mengakibatkan Anda dapat mendadak tertidur di siang hari. Sebagian orang juga alami kekurangan otot mendadak saat tengah emosional, hingga dapat membuatnya jatuh mendadak. Ada pula yg tidak dapat bergerak waktu baru bangun tidur. Tanda beda dari nakrolepsi adalah mimpi yang merasa riil.

Bila Anda terasa alami masalah tidur, jangan sampai tinggal diam. Anda mesti menganggapnya jadi problem serius yang memerlukan pertolongan medis. Banyak pasien masalah tidur, terutama sindrom kaki gelisah, terasa malu untuk mengungkap problemnya. Tetapi kenyataannya, itu adalah yang dirasakan yang memanglah butuh disibakkan ke dokter.

Sama seperti dengan yang dirasakan seringkali mengantuk. Yang dirasakan ini seringkali disalahartikan jadi sinyal kemalasan serta kurang motivasi, namun kenyataannya ada orang yang memang sungguh-sungguh terasa seringkali mengantuk walau dia berupaya untuk tetaplah terbangun. Bila Anda adalah orang itu, ada baknya selekasnya ketahui penyebabnya seringkali mengantuk serta cari pertolongan medis supaya dapat kembali berkonsentrasi pada pekerjaan serta dapat mengemudi kendaraan dengan aman.

Leave a Comment