DERMATITIS SEBOROIK

DERMATITIS SEBOROIK

Dermatitis seboroik yaitu penyakit kulit yang umumnya tentang kulit kepala serta ruang badan yang berminyak, seperti punggung, muka, dahi, ketiak, pangkal paha, dan dada sisi atas. Pada kulit kepala, penyakit ini mengakibatkan kulit berwarna merah, berketombe, serta bersisik vitamin anakĀ 

Dermatitis seboroik bukanlah penyakit menyebar, tetapi dapat merubah rasa yakin diri pasien. Terkecuali ketombe, dermatitis seboroik juga seringkali dimaksud dengan psoriasis seboroik serta eksim seboroik. Sedang dermatitis seboroik yang menjangkiti bayi dimaksud dengan cradle cap.

Dermatitis seboroik bisa menyerang orang pada semua umur, dimana paling tidak 1-3% dewasa muda sempat menanggung derita penyakit ini. Tetapi, orang dengan problem pada system kebal badan (pasien HIV/AIDS, penyakit Parkinson) lebih rawan untuk merasakannya. Keadaan stres juga punya potensi untuk jadi memperburuk tanda yang telah ada.

  • Tanda Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik tidak merubah kesehatan badan keseluruhannya. Biasanya dermatitis seboroik mempunyai tanda seperti di bawah ini :

Kulit merasa gatal atau seperti terbakar.

Kulit kepala berwarna merah serta berketombe.

Kelupasan kulit atau ketombe juga berlangsung di kumis, jenggot, atau alis.

Kelopak mata juga akan berkerak atau berwarna kemerahan (blefaritis).

Kulit bersisik berwarna putih atau kuning berlangsung di ruang kulit yang berminyak terkecuali kulit kepala, seperti muka, ketiak, telinga, serta dada.

Penyebabnya Dermatitis Seboroik

Penyebabnya tentu terjadinya dermatitis seboroik masih tetap belum juga di ketahui, tetapi peluang terkait dengan jamur malassezia yang ada pada pelepasan minyak di permukaan kulit. Diluar itu, peradangan yang berkaitan dengan psoriasis dapat juga jadi penyebabnya dermatitis seboroik.

Terkecuali dua peluang yang dijelaskan diatas, ada beberapa aspek yang dapat tingkatkan resiko terserang penyakit ini, yakni :

Tidak berhasil jantung.

Obat-obatan spesifik.

Penyakit kejiwaan serta masalah saraf (umpamanya depresi serta penyakit Parkinson).

Rutinitas menggaruk kulit muka.

Penyakit yang mengakibatkan melemahnya system kebal badan, seperti HIV/AIDS, kanker, penerima transplantasi organ badan, serta pankreatitis alkoholik.

Penyakit endokrin yang dapat mengakibatkan obesitas, seperti diabetes.

Cuaca yang dingin serta kering.

Stres serta aspek genetik.

Beberapa orang yang mempunyai kulit berminyak, bayi yang baru lahir, serta orang dewasa yang berumur pada 30-60 th. (terlebih wanita), lebih berisiko terserang dermatitis seboroik.

Diagnosis Dermatitis Seboroik

Sesudah lewat kontrol fisik, diagnosis dermatitis seboroik bisa ditegakkan lewat biopsi atau kontrol kelupasan sel kulit. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk meyakinkan apakah penyakit yang terkena adalah dermatitis seboroik atau penyakit beda yang sama, seperti eksim, rosacea, atau psoriasis.

Penyembuhan Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik bisa diatasi dengan memakai cream, losion, atau shampo spesial. Biasanya beberapa produk seperti ini di jual bebas. Tetapi bila langkah ini tetaplah tidak menolong serta tanda dermatitis seboroik tidak kunjung mereda atau pulih, tanyakan pada dokter untuk memperoleh perawatan selanjutnya seperti berikut ini :

Cream atau gel metronidazole yang berperan untuk melawan bakteri. Berikan cream ini 1-2 kali satu hari, bergantung type cream yang dipakai. Cocokkan dengan instruksi yang tercantum di paket.

Shampo antijamur yang memiliki kandungan ketoconazole Pakai shampo ini 2-3 kali satu minggu. Bekasnya, pakai shampo umum.

Shampo, cream, atau salep yang memiliki kandungan kortikosteroid, seperti fluocinolone atau hydrocortisone, yang bermanfaat untuk meredakan Tetapi resikonya seperti penipisan kulit dapat berlangsung bila memakainya sangat lama.

Therapy cahaya yang dipadukan dengan pemakaian psoralen atau dimaksud dengan photochemotherapy. Tetapi beberapa orang yang mempunyai rambut tidak tipis peluang tidak pas untuk lakukan terapi ini.

Losion atau cream yang memiliki kandungan penghalang calcineurin, seperti pimecrolimus, serta tacrolimus untuk penyembuhan yang menghimpit system kebal badan. Tetapi obat ini mempunyai potensi tingkatkan resiko kanker.

Pil antijamur terbinafine. Tetapi obat ini dapat menyebabkan resikonya yang serius, seperti masalah organ hati serta reaksi alergi. Tanyakan dengan dokter untuk dosis mengkonsumsi yang sesuai sama.

Untuk bayi dengan dermatitis seborik (cradle cap), bersihkan kepala bayi sehari-hari memakai shampo bayi, lalu bersihkan sisa-sisa kelupasan kulit memakai sikat halus. Jika langkah tersebut gagal atau tanda makin bertambah kronis, selekasnya periksakan bayi ke dokter untuk memperoleh penyembuhan selanjutnya.

Di bawah ini yaitu banyak hal yang dapat dikerjakan untuk menolong menangani serta mengatur dermatitis seboroik :

Janganlah menggaruk sisi badan yang terserang dermatitis seboroik karna dapat tingkatkan resiko terserang infeksi serta jadi parah iritasi.

Mandi serta keramas dengan teratur, dan bersihkan dengan bersih sabun atau shampo yang dipakai. Pakai pelembap bila dibutuhkan.

Pakai shampo bayi untuk bersihkan kelopak mata Anda bila berwarna kemerahan serta berlangsung kelupasan kulit. Diluar itu, Anda dapat mengompresnya dengan air hangat untuk menolong meredakannya.

Berikan cream yang memiliki kandungan kortikosteroid atau antijamur seperti ketoconazole.

Cukurlah kumis atau jenggot untuk menolong meredakan tandanya.

Jauhi product yang memiliki kandungan alkohol supaya penyakit tidak jadi bertambah kronis.

Pakai baju yang memiliki tekstur halus serta memiliki bahan katun supaya kulit memperoleh aliran udara serta bisa kurangi iritasi.

Kadang-kadang dermatitis seboroik dapat menghilang dengan sendirinya, tetapi ada pula yang bertahan sepanjang bertahun-tahun. Perawatan kulit yang baik serta melindungi kebersihan kulit dapat menolong mengatur dermatitis seboroik.

Leave a Comment