Bibir Bayi Hitam, Waspadai Penyebabnya

Bibir Bayi Hitam, Waspadai Penyebabnya

Bibir bayi hitam atau tampak membiru serta lebih gelap dapat jadi tanda satu masalah yang serius. Keadaan ini mesti diwaspadai serta mesti selekasnya memperoleh perlakuan medis baca juga 

Dalam aturan medis, keadaan bibir bayi hitam atau biru keunguan serta tampak lebih gelap bisa dikarenakan oleh keadaan yang dimaksud sianosis. Pada seorang berkulit putih, sianosis lebih terang tampak dengan warna kebiruan atau keunguan pada kulit, sedang pada seorang berkulit gelap semakin lebih terang di daerah membran seperti bibir serta gusi sebagai lebih gelap atau kehitaman.

Sianosis ini berlangsung saat supply oksigen yang dibawa oleh sel darah ke jaringan badan sangat sedikit atau tidak memenuhi. Warna bibir kebiruan atau kehitaman itu dikarenakan oleh kandungan hemoglobin yang sangat sedikit didalam sel darah yang ada dekat permukaan kulit. Hemoglobin yaitu molekul yang sangat mungkin sel darah merah membawa oksigen. Kandungan oksigen yang tinggi juga akan mengakibatkan haemoglobin berwarna merah cerah, sedang oksigen yang rendah juga akan buat hemoglobin terlihat berwarna kebiruan.

Bibir bayi hitam atau membiru serta tampak lebih gelap adalah keadaan klinis yang umum diketemukan pada bayi baru lahir. Keadaan ini dapat dihadapi bayi yang baru lahir 5 sampai 10 menit sesudah dilahirkan serta umumnya bertahan sepanjang satu sampai dua hari. Keadaan yang dimaksud dengan akrosianosis ini karena pembuluh darah bayi berkontraksi dibarengi pengeluaran oksigen yang bertambah.

Tetapi bila sianosis berlangsung terus-terusan, jadi butuh dievaluasi selekasnya. Pasalnya keadaan itu dapat dihubungkan dengan penyakit yang punya potensi meneror jiwa seperti masalah jantung, metabolik, infeksi serta yang lain.

Bila bibir bayi hitam atau kebiruan berlangsung pada anak dibawah umur 2 th., mungkin saja adalah tanda dari respiratory syntical virus. Ini yaitu keadaan yang umum berlangsung pada anak-anak sebelumnya mereka memijak umur 2 th.. Namun masih tetap yakinkan penyebabnya bibir bayi yang beralih warna dengan berkonsultasi pada dokter anak.

Beberapa jenis Sianosis

Ada dua kelompok paling utama sianosis, yaitu sianosis sentral serta sianosis perifer. Simak keterangan selanjutnya berikut ini.

Sianosis Sentral

Keadaan ini biasanya mengakibatkan warna kebiru-biruan di bibir, lidah, serta kulit tubuh Sianosis sentral mempunyai banyak peluang penyebabnya. Penyakit jantung bawaan adalah satu diantara keadaan yang mengakibatkan darah dengan supply rendah oksigen terpompa ke semua badan. Mengenai penyakit jantung bawaan yang bisa mengakibatkan sianosis mencakup transposisi arteri besar, atresia paru, tetralogi Fallot, atresia trikuspid, sindroma jantung kiri hipoplastik, truncus arteriosus, serta lengkungan aorta yang terganggu. Keadaan beda yang bisa mengakibatkan sianosis sentral diantaranya :

Problem aliran darah dari serta ke paru-paru, keadaan ini dapat dikarenakan oleh penyumbatan pembuluh darah atau koneksi pembuluh darah pada jantung serta paru-paru tidak normal.

Penimbunan cairan di paru-paru (edema paru-paru) yang dikarenakan oleh tidak berhasil jantung kongestif.

Masalah hemoglobin, keadaan dimana darah tidak dapat membawa oksigen dengan baik ke semua badan.

Sianosis Perifer

Pada keadaan ini, ujung tangan serta kaki juga akan terlihat membiru. Sianosis type ini umumnya dapat dikarenakan oleh banyak hal, diantaranya :

Bayi yang menangis sebentar sesudah dilahirkan

Udara dingin

Kejang berkepanjangan

Syok

Bibir bayi hitam atau kebiruan yang dikarenakan oleh keadaan klinis spesifik umumnya juga akan hilang lewat cara mengidentifikasi serta menyembuhkan penyebabnya yang mendasarinya. Saat pengobatannya juga begitu beragam, bergantung pada apa yang mengakibatkannya.

Yang butuh Anda mengerti yaitu, walau perubahan warna bibir tidak selamanya tunjukkan keadaan darurat, tetapi perubahan warna pada bibir bayi juga bukanlah tanda yang dapat diabaikan. Terutama bila bibir bayi hitam serta kebiruan dibarengi dengan tanda beda seperti kesusahan bernapas serta nyeri dada, itu mungkin saja tandanya yang bisa meneror jiwa. Anda dianjurkan untuk selekasnya membawa Si Kecil ke IGD rumah sakit bila menjumpai beberapa gejala itu.

Leave a Comment