Batu Empedu

Batu Empedu

Penyakit batu empedu atau kolelitiasis adalah masalah kesehatan di mana ada batu dalam kandung atau saluran empedu. Pada sebagian masalah, batu mungkin ada di ke-2 organ itu. Batu ini adalah hasil dari cairan empedu yang memadat jadi partikel keras mirip potongan batu –seperti batu kerikil baca juga

Empedu tersebut adalah hanya satu jalur yang bekerja untuk keluarkan keunggulan cholesterol dari badan –baik jadi cholesterol bebas ataupun jadi garam empedu. Sedang kandung empedu adalah kantung yang berperan untuk menaruh empedu sebelumnya dilepaskan kedalam usus. Letak kandung empedu berada di bawah organ hati.

Bila batu empedu masuk kedalam saluran empedu, jadi bisa berlangsung penyumbatan serta infeksi pada saluran empedu (kolangitis). Penyumbatan yang berlangsung pada saluran empedu ini juga akan buat bakteri tumbuh serta berkembang. Mengakibatkan timbullah infeksi didalam saluran. Bakteri itu dapat juga menebar lewat aliran darah serta mengakibatkan infeksi dibagian badan yang lain.

Batu empedu bisa dibagi jadi tiga type, yakni batu empedu cholesterol, batu empedu pigmen, serta batu empedu kombinasi. Seperti namanya, batu empedu cholesterol terjadi dari cholesterol. Batu empedu ini umumnya berwarna kuning atau hijau.

Setelah itu batu empedu pigmen/bilirubin, terjadi dari kalsium bilirubinat yang sangat banyak dalam empedu. Batu empedu yang satu ini umumnya berwarna gelap, seperti hitam atau cokelat. Paling akhir adalah batu empedu kombinasi yang disebut kombinasi pada cholesterol serta bilirubin.

Diagnosis

Dalam mendiagnosis batu empedu, dokter juga akan menyatukan info serta kontrol fisik yang akurat pada pasien. Lebih dari 1/2 pasien batu empedu umumnya tidak rasakan ada tanda. Yang dirasakan yang mungkin saja muncul adalah kembung yang terkadang dibarengi rasa tidak enak pada badan saat konsumsi makanan berlemak.

Terkecuali pengumpulan info, dokter akan merekomendasikan Anda untuk melakukan kontrol penunjang. Kontrol penunjang yang dapat dikerjakan diantaranya adalah USG atau Kontrol Ultrasonografi. Ini adalah kontrol standar yang untuk menguatkan diagnosis batu empedu. Kontrol USG mempunyai tingkat akurasi yang begitu tinggi, yakni menjangkau 95%.

Terkecuali USG, kontrol beda yang dapat juga dikerjakan adalah CT Scan. Kontrol dengan CT Scan dikerjakan apabila batu ada didalam saluran empedu. Diluar itu ada pula kontrol MRI (Magnetic Resonance Imaging). Kontrol ini dibutuhkan jika ada komplikasi sakit kuning.

Tanda

Batu empedu biasanya tidak menyebabkan yang dirasakan pada pasien –selama batu tidak masuk kedalam saluran empedu. Tetapi bila batu masuk kedalam ujung saluran empedu, Anda mungkin rasakan ada yang dirasakan spesifik.

Jika memiliki ukuran kecil, ada peluang batu dengan gampang melalui saluran empedu serta masuk ke usus duabelas jari. Batu empedu itu mungkin saja saja tidak menyebabkan tanda sampai berpuluh th. lamanya.

Tanda yang cukup mencolok pada masalah batu empedu adalah rasa nyeri yang relatif hebat serta tinggal di saluran empedu. Nyeri itu muncul bila saluran empedu terhalang oleh batu. Hal itu dapat juga menyebabkan munculnya rasa sakit perut hebat yang menyebar ke punggung atau bahu. Mual serta muntah kerapkali terkait dengan serangan nyeri ini.

Tanda beda yang dapat juga keluar adalah demam, nyeri semua permukaan perut, perut merasa melilit, serta perut merasa kembung. Rasa nyeri yang hebat mungkin berjalan lebih dari 15 menit serta baru menghilang sebagian jam lalu.

Munculnya rasa nyeri sering berjalan perlahan. Tetapi 30% masalah, rasa nyeri muncul dengan mendadak. Nyeri karena batu saluran empedu umumnya tinggal serta jadi bertambah jelek pada saat menarik nafas dalam.

Penyembuhan

Penyembuhan batu empedu mesti sesuai dengan perubahan batu serta efeknya pada Anda. Sebab, pada intinya batu empedu anggota efek serta dampak yang berlainan pada setiap orang.

Terdapat banyak langkah penyembuhan batu empedu :

Step Awal

Seperti sudah diterangkan terlebih dulu, batu empedu tidak selamanya menyebabkan tanda. Bila batu empedu tidak menyebabkan tanda apa pun, dokter umumnya akan tidak bertindak medis spesial. Tetapi, dokter juga akan meyakinkan terlebih dulu kalau tak ada peluang komplikasi yang juga akan berlangsung. Tapi bila diketemukan ada peluang komplikasi atau penyakit beda yang berisiko tingkatkan komplikasi, jadi dibutuhkan penyembuhan selanjutnya

Step Lanjut

Pada step ini, butuh diliat tingkat keparahan yang berlangsung. Bila tanda nyeri yang Anda rasakan masih tetap termasuk enteng serta tidak sering keluar, jadi mengkonsumsi obat telah cukup. Umumnya obat yang dibutuhkan adalah kenis obat-obatan pereda sakit. Diluar itu, baiknya Anda juga merubah alur makan supaya lebih sehat.

Tetapi bila rasa nyeri yang keluar –khususnya di ruang perut– merasa begitu hebat, jadi dibutuhkan ada aksi medis selanjutnya. Terlebih bila nyeri keluar cukup seringkali. Peluang dibutuhkan ada aksi operatif.

Aksi Operatif

Aksi medis ini dibutuhkan cuma jika tanda yang Anda rasakan begitu berat serta kronis. Peluang terburuk adalah kantong empedu Anda mesti diangkat. Terdapat banyak aksi operatif yang dapat dikerjakan untuk mengatasi problem batu empedu.

Kolesistektomi laparoskopik

Ini adalah aksi operatif yang seringkali direferensikan karna hasilkan sayatan yang begitu minimum. Aksi ini dikenal juga dengan arti operasi lubang kunci karna ukuran sayatan yang begitu kecil –mirip lubang kunci. Masa pemulihan yang Anda butuhkan berjalan sepanjang 1-2 minggu.

Kolesistektomi terbuka

Aksi ini dibutuhkan bila ukuran batu empedu cukup besar sampai tidak bisa di keluarkan lewat operasi lubang kunci. Atau dapat pula dikerjakan bila keadaan Anda tidak sangat mungkin untuk melakukan Kolesistektomi laparoskopik. Pemicunya dapat berbagai macam –seperti letak kandung empedu yang suli dijangkai atau pada masalah pasien obesitas. Masa pemulihan cukup lama, yakni 1-1, 5 bln..

ERCP (Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography)

Untuk mengatasi problem penyumbatan pada saluran empedu karena ada batu empedu dapat juga dikerjakan lewat prosedur ERCP. Prosedur ini dikerjakan tanpa ada mengangkat kandung empedu.

ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy)

Ini adalah prosedur pemecahan batu dengan memakai gelombang nada. Satu tahun lebih waktu lalu, pemakaian prosedur ESWL begitu popular. Walau sekian, prosedur ini cuma terbatas pada pasien yang sudah betul-betul diperhitungkan untuk melakukan therapy ini

Penyebab

Terlebih dulu sudah diterangkan kalau ada tiga type batu empedu. Semasing terjadi serta mempunyai kandungan yang tidak sama. Batu empedu cholesterol memiliki kandungan sekurang-kurangnya 70% cholesterol serta bekasnya adalah kalsium karbonat, kalsium palmitit, dan kalsium bilirubinat. Memiliki bentuk lebih beragam dibanding bentuk batu pigmen.

 

Batu empedu ini nyaris senantiasa terjadi didalam kandung empedu. Permukaannya licin, bulat, berduri, serta terkadanga ada yang serupa seperti buah murbei. Batu empedu cholesterol berlangsung karna konsentrasi cholesterol didalam cairan empedu tinggi. Hal itu tejadi jadi akibatnya karena cholesterol dalam darah begitu tinggi.

Cholesterol yang tinggi dalam kantong empedu bisa menyebabkan pengendapan yang lama kelamaan beralih jadi batu. Penyebabnya beda adalah pengosongan cairan empedu didalam kantong empedu yang kurang prima. Sisa cairan empedu didalam kantong sesudah sistem pemompaan empedu dapat juga mengakibatkan pengendapan.

Berlainan dengan batu empedu pigmen. Tampilan batu kalsium bilirubinat yang dimaksud juga batu lumpur atau batu pigmen, sedikit beragam. Sering diketemukan berupa tidak teratur, memiliki ukuran kecil, dengan macam warna pada coklat, kemerahan, hingga hitam, serta kadang-kadang sejumlah banyak.

Memiliki bentuk seperti lumpur atau tanah yang rapuh. Batu pigmen berlangsung karna bilirubin sulit larut di air. Diluar itu juga karna ada pengendapan garam bilirubin kalsium atau karena penyakit infeksi.

Setelah itu batu empedu kombinasi. Ini adalah type batu empedu yang paling banyak didapati –bahkan menjangkau 80%. Batu empedu yang satu ini terjadi dari cholesterol, pigmen empedu, serta beragam garam kalsium. Umumnya berganda serta sedikit memiliki kandungan kalsium

Leave a Comment