Barotrauma

Barotrauma

Barotrauma adalah rusaknya telinga karena ketidaksamaan desakan telinga dengan desakan udara luar. Keadaan ini seringkali berlangsung pada seorang yang tengah melancong dengan pesawat terbang, atau menyelam (scuba diving) majakani kanza

Waktu ada dalam pesawat pada ketinggian atau waktu ada di kedalaman laut saat menyelam, berlangsung perubahan desakan udara yang mendadak. Apabila telinga tidak cepat menyesuaikan, jadi barotrauma juga akan berlangsung.

Sesungguhnya barotrauma bukan sekedar mencederai telinga, tetapi dapatlah mencederai paru-paru. Tetapi telinga adalah organ yang seringkali terserang trauma karena ketidaksamaan desakan ini.

Penyebab

Barotrauma dikarenakan oleh ketidaksamaan berlebihan serta mendadak pada desakan udara diluar dengan desakan udara didalam telinga. Hal semacam ini mengakibatkan rusaknya di telinga, bisa berbentuk rusaknya sisi telinga luar, tengah, atau dalam.

Keadaan ini lebih rawan dihadapi oleh :

Orang yang menyelam serta melancong dengan pesawat dalam jeda saat kurang dari 24 jam

Orang yang seringkali ada dalam penerbangan, umpamanya pilot serta pramugari

Orang yang menyelam sekian kali dalam sehari

Diagnosis

Dokter juga akan lakukan kontrol fisik dibarengi penggalian info sekitar kisah melancong dengan pesawat atau menyelam, serta yang dirasakan telinga pada beberapa saat itu.

Info itu biasanya cukup agar bisa memastikan diagnosis barotrauma. Diluar itu, dokter dapatlah lakukan tes pendengaran serta tes keseimbangan.

Tanda

Seorang yang alami barotauma, diantaranya juga akan rasakan sensasi telinga seperti terhalang, nyeri didalam telinga, pendengaran terganggu, atau telinga berdenging. Pada masalah yang berlebihan, bisa keluar darah dari telinga.

Terkecuali yang dirasakan di telinga, barotrauma dapat juga mengakibatkan yang dirasakan pusing berputar-putar atau sensasi melayang-layang (dengan medis dimaksud vertigo).

Penyembuhan

Barotrauma yang berlangsung di telinga sisi tengah biasanya bisa diatasi dengan obat antiradang (steroid) serta pemberian obat dekongestan untuk menyeimbangkan desakan telinga serta desakan udara luar. Apabila tentang telinga dalam, penyembuhannya bergantung sisi telinga yang terserang, tetapi umumnya pasien butuh dirawat dirumah sakit.

Pada keadaan yang berat atau barotrauma yang tentang paru-paru, penyembuhan therapy hiperbarik dibutuhkan. Therapy hiperbarik adalah penyembuhan lewat cara hirup oksigen murni dalam udara bertekanan tinggi.

Mencegah

Untuk menghindar barotrauma, tuba eustachius (saluran yang menghubungkan pada telinga dengan hidung serta udara luar) mesti dalam keadaan terbuka hingga desakan didalam telinga serta desakan udara luar dalam keadaan seimbang.

Saluran tuba eustachius ini rawan tertutup apabila seorang dalam keadaan pilek atau hidung terhalang. Oleh karenanya, untuk menghindar terjadinya barotrauma, jauhi melancong dengan pesawat dalam keadaan pilek atau hidung terhalang. Apabila penerbangan tidak bisa dijauhi, jadi mengkonsumsi dahulu obat antidekongestan serta antihistamin untuk buka tuba eustachius itu.

Leave a Comment