Apa Saja Penyebab Kemandulan yang Perlu Anda Ketahui?

Apa Saja Penyebab Kemandulan yang Perlu Anda Ketahui?

Apakah Anda serta pasangan telah bertahun-tahun menikah tetapi belum mempunyai anak walau sebenarnya telah berupaya? Bila ya, Anda tidak sendirian. Menurut website kesehatan MayoClinic. org, sekitaran 10-15 % pasangan di Amerika Serikat juga mempunyai problem dengan kemandulan jahe

Kemandulan didefinisikan jadi ketakmampuan untuk hamil walau telah berulang-kali lakukan hubungan seksual sepanjang periode satu tahun atau 6 bln., bila Anda berumur 35 th. keatas. Tetapi ini tidak cuma problem wanita saja. Menurut satu riset, problem kemandulan berada di pihak pria atau wanita, serta mungkin menerpa ke-2 pihak.

Bagaimana Sistem Normal Terjadinya Kehamilan?

Supaya bisa hamil, mesti ada satu sistem kompleks yang jalan dengan baik. Ini melibatkan pembuahan serta kesuburan. Sistem ini di uraikan seperti berikut :

Ovarium dari seseorang wanita mesti melepas sel telur (ovulasi).

Sel telur ini lalu lakukan perjalanan lewat tabung falopi menuju rahim.

Pada sekarang ini, sperma dari pria mesti telah masuk ke pada badan seseorang wanita untuk sangat mungkin pembuahan sel telur oleh sperma (fertilisasi). Sistem pembuahan ini berlangsung di tabung falopi.

Sel telur yang telah dibuahi lalu mesti hingga di rahim.

Serta sesampainya di rahim, sel telur juga akan menanamkan diri pada dinding rahim.

Bila satu diantara sistem diatas tidak jalan dengan baik, problem kemandulan juga akan keluar.

Apa Penyebabnya Seorang Jadi Mandul?

MASALAH DI PIHAK WANITA

Kemandulan pada wanita sering disebabkan oleh beragam problem dalam sistem ovulasi yang diikuti oleh ketidakteraturan atau absennya periode haid. Problem ini mungkin saja terkait dengan masalah hormon, seperti sindrom polikistik ovarium serta insufisiensi ovarium primer. Sebagian penyebabnya kemandulan yang lain yaitu :

Uterin fibroid, perkembangan non-kanker yang menghambat sel telur untuk menanamkan diri ke dinding rahim.

Tabung falopi yang terhalang atau terluka, umpamanya karna infeksi atau endometriosis.

Problem pada kelenjar tiroid, mungkin saja karena hipertiroid atau hipotiroid.

Kanker pada organ reproduksi wanita, seperti kanker rahim.

MASALAH DI PIHAK PRIA

Produksi atau peranan sperma yang abnormal, disebabkan oleh beragam masalah kesehatan atau keadaan bawaan seperti kelainan bentuk testis, cacat genetik, diabetes, dan infeksi. Pembesaran pembuluh darah di testis (varikokel) dapat juga tingkatkan aliran darah serta suhu di testis, yang pada akhirnya memengaruhi jumlah serta bentuk sperma.

Problem pada sistem pengiriman sperma yang dikarenakan oleh disfungsi seksual, umpamanya ejakulasi awal serta disfungsi ereksi. Penyakit genetik spesifik seperti fibrosis sistik dan rusaknya atau luka pada organ reproduksi pria dapat juga mengakibatkan problem ini.

Kontak berlebihan dengan bahan kimia spesifik (seperti pestisida), radiasi, mengkonsumsi obat-obatan (umpamanya steroid anabolik), ganja, dan terus-terusan mandi air panas atau sauna.

Kanker serta penyembuhannya, termasuk juga penyembuhan radiasi atau kemoterapi bisa menghimpit produksi sperma. Diluar itu, pengangkatan satu diantara testis juga memengaruhi kesuburan pria.

Apa pun pemicunya, kemandulan dapat buat Anda frustasi terlebih bila begitu mengidamkan keturunan. Serta Anda pasti menginginkan menghindarnya sebelumnya hal semacam ini berlangsung, oleh karenanya baca artikel setelah itu tentang langkah menghindar kemandulan!

Leave a Comment