Apa Penyebab Mata Merah?

Apa Penyebab Mata Merah?

Mata merah (juga dikenal dengan arti medis konjungtivitis) yaitu problem mata yang umum dihadapi oleh umumnya orang. Keadaan ini mungkin saja cuma memengaruhi satu mata atau dapat keduanya. Selain mata yang memerah, peluang Anda juga terasa gatal di mata. Apa yang jadi penyebabnya mata merah baca juga

Pada bola mata ada membran transparan yang melapisinya—membran ini dimaksud konjungtiva. Bila berlangsung peradangan atau infeksi pada membran ini, jadi pembuluh darah kecil di membran juga akan jadi semakin besar hingga mengakibatkan sisi putih mata tampak berwarna merah muda atau merah darah.

Penyebabnya mata merah umumnya yaitu infeksi bakteri, virus, reaksi alergi, serta pembuluh air mata yg tidak terbuka prima (pada bayi). Walau keadaan ini terkadang begitu mengganggu kenyamanan, tetapi mata merah umumnya tidak mengganggu pandangan Anda.

Ketidaksamaan Mata Merah yang dikarenakan oleh Virus dengan Bakteri

Penyebabnya mata merah umumnya bisa ditetapkan berdasar pada sekret atau air mata yang terjadi.

2 PENYEBAB UTAMA MATA MERAH

Virus—Sekret umumnya cair serta jernih.

Bakteri—Sekret umumnya kental serta berwarna hijau-kuning.

Terkecuali mata yang memerah serta gatal, tanda beda yang mungkin saja Anda alami yaitu mata berair, perasaan seperti berpasir di mata, serta peka pada sinar. Bila Anda alami nyeri di mata, pandangan kabur, atau tanda yang makin lebih buruk, cepatlah kontrol ke dokter.

Karna mata merah dapat menyebar, baiknya Anda selekasnya mengobatinya baik dengan obat ataupun dengan lakukan langkah penyembuhan sendiri dirumah. Pemakaian obat tetes atau salep spesial mata mesti sesuai sama panduan serta resep dokter.

  • Langkah Penyembuhan Mata Merah di Rumah

Pakai Kompres Hangat. Rendam kain yang bersih serta halus di air hangat lantas peras hingga kering. Tempatkan dengan perlahan-lahan di kelopak mata yang tertutup. Ulangilah sekian kali dalam satu hari hingga Anda terasa tambah baik. Bila penyebabnya mata merah yaitu alergi, pakai kompres dingin serta kerjakan langkah yang sama juga dengan kompres hangat.

Hindari Penyebarannya. Untuk menghindar mata merah menyebar ke mata sampingnya yang masih tetap normal atau ke mata orang yang lain, jauhkan tangan Anda dari mata serta senantiasa bersihkan tangan setelah menyentuh ruang sekitaran mata. Ubahlah handuk Anda sehari-hari serta buang kosmetik mata, terutama maskara.

Jauhi Penggunaan Lensa Kontak. Bila Anda memakai lensa kontak yang sekali gunakan, janganlah pakai sekali lagi pasangan lensa kontak itu. Bila Anda menggunakan lensa kontak yang bukanlah sekali gunakan, sterilkan dengan jeli. Sepanjang mata Anda masih tetap merah serta banyak keluarkan air mata, gunakanlah kacamata demikian sebaliknya dari pada lensa kontak.

Jadi dasarnya, penyebaran dapat dihindari bila Anda melindungi kebersihan. Bila Anda tinggal serumah atau ada dalam ruang yang sama juga dengan seseorang pasien mata merah, sebaiknya untuk melindungi jarak dengannya. Begitu, bakteri serta virus penyebabnya mata merah tidak menyebar luas.

Leave a Comment