Page Rank Promoter
Uncategorized

VITAMIN B12 Pengertian Vitamin B12

VITAMIN B12 Pengertian Vitamin B12

Vitamin B12 adalah jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin B12 bisa ditemukan pada berbagai jenis makanan seperti ikan, kerang-kerangan, daging, telur, dan produk olahan dari susu. Vitamin ini terikat pada protein dalam makanan. Asam dalam perut melepaskan B12 dari protein pada saat pencernaan. Lalu vitamin B12 bergabung dengan faktor intrinsik agar bisa diserap oleh usus ke aliran darah manjakani kanza bandung 

Berikut ini beberapa fungsi utama dari vitamin B12 bagi tubuh.

  • Menghasilkan sel darah merah.
  • Menjaga kesehatan sistem saraf, kulit dan mata.
  • Melepaskan energi dari makanan yang dikonsumsi.
  • Membantu proses aktivasi asam folat.
  • Membantu dalam proses sintesis DNA.

Persediaan vitamin B12 disimpan di dalam organ hati dan cukup untuk kebutuhan selama beberapa tahun. Oleh karena itu, tingkat vitamin B12 yang rendah jarang sekali terjadi. Penurunan kadar vitamin B12 umumnya terjadi pada orang tua, penderita HIV, dan vegetarian.

Selain vitamin B12 yang alami, terdapat juga suplemen vitamin B12 untuk mengatasi masalah defisiensi vitamin B12. Suplemen ini juga bisa digunakan untuk mengobati anemia pernisiosa (anemia yang terjadi akibat defisiensi vitamin B12).

Merek dagang: Laktafit, Liveril, Mecola, Bioneuron, Biocombin.Biocombin 5000, Milmor, Neuraxon 5000, Neurobat A, Neurobat/Neurobat Forte, Neurobion, Neurobion Forte 5000, Neurofenac Plus, Neuromed 5000, Neuro Panstop, Neurosanbe, Neurosanbe plus, Neurotropic, Neurotropic Plus

Tentang Vitamin B12

Golongan Vitamin
Kategori Obat bebas (tapi ada beberapa merek yang memerlukan resep dari dokter)
Manfaat Mengatasi defisiensi vitamin B12 dan anemia pernisiosa
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Kategori kehamilan dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.
Bentuk obat Tablet, sirup, suntik, disemprotkan ke hidung (nasal sprays)
Nama lain Cyanocobalamin

Leave a Reply