Page Rank Promoter
Bisnis

Tipe AC yang Biasa Digunakan di Gedung-Gedung Bertingkat

Kota metropolitan khususnya daerah Jakarta dan sekitarnya memiliki banyak gedung-gedung bertingkat atau bangunan yang memiliki luas yang besar dan bertingkat-tingkat. Biasanya gedung tersebut digunakan untuk perkantoran, hotel, rumah sakit, sekolah dan lain-lain. Di daerah Jakarta dan sekitarnya jika kita lihat temperatur udara rata-ratanya sekitar 30-33 derajat celcius, tentunya dengan suhu tersebut menjadikan AC (Air Conditioner) sebagai kebutuhan utama gedung-gedung bertingkat untuk mendinginkan udara diruangan. Ternyata ada tipe AC yang biasa digunakan di gedung-gedung bertingkat, bukan hanya AC Split saja. Dan berikut ulasannya akan saya berikan berikut ini.

Gambar 1.1 : AC Cassette

Yang pertama adalah AC Cassette, dengan bentuk segiempat dan menempel pada atap atau langit-langit ruangan. AC Cassette ini merupakan jenis AC sering digunakan di gedung bertingkat seperti perkantoran. Karena bentuknya yang cukup kecil dan penempatannya yang sangat mudah menjadikan AC Cassette ini banyak digunakan di gedung-gedung bertingkat terutama perkantoran. Kapasitas PK AC Cassette biasanya mulai dari 1,5 Pk hingga 6 Pk dan tentunya kapasitas tersebut dapat anda pilih sesuai luas ruangan yang akan anda pasang AC Cassette sebagai pendingin ruangan.

Gambar 1.2 : AC Standing Floor

Selanjutnya ada AC Standing Floor yang biasa digunakan oleh gedung atau bangunan luas. AC Standing Floor ini akan sering anda temukan pada perkantoran dan mall yang memiliki ruangan yang luas dan jarang memiliki sekat dinding. AC Standing Floor mudah disimpan karena memang instalasi AC ini hanya tinggal diangkat dan disimpan di atas lantai. Kapasitas AC ini antara 2 Pk hingga 6 Pk.

Gambar 1.3 : AC VRV

Sistem AC VRV juga menjadi salah satu tipe AC yang biasa digunakan di gedung-gedung bertingkat dan mall-mall besar serta pabrik industri berskala besar. Harga AC VRV ini memang lebih mahal dibanding AC lain karena memang sistem VRV ini dapat menghubungkan 64 unit AC indoor sekaligus. Tentunya akan lebih menghemat tempat pada unit outdoornya jika suatu gedung mengharuskan memasang unit AC yang sangat banyak.

Gambar 1.4 : AC Duct Packaged

Dan yang terakhir adalah AC Duct Packaged, AC ini memang biasa digunakan di mall-mall besar serta di gedung perkantoran yang besar. AC ini hampir sama dengan AC Cassette yang menempel di atap, namun AC ini lebih tepatnya menempel di dinding bagian atas dan menjorok kedalam, sehingga tidak terlihat seperti AC pada umumnya. Kapasitas Pk AC ini mulai dari 5 Pk hingga 20 Pk tentu kapasitas yang besar ini diperuntukan bagi gedung yang besar juga.

Itulah tipe AC yang biasa digunakan di gedung-gedung bertingkat, sebetulnya masih ada beberapa lagi jenisnya, namun ke empat AC tersebut yang paling sering digunakan di gedung, mall, rumah sakit, sekolah dan gedung bertingkat lainnya khususnya AC Daikin Indonesia yang menyediakan ke empat tipe AC diatas untuk kebutuhan pendingin ruangan di gedung bertingkat di Indonesia.

Leave a Reply