Page Rank Promoter
Tebing Citatah Bandung
Wisata

Macam – Macam Tebing Citatah Bandung

Tebing Citatah merupakan sebuah kawasan tebing yang terletak di kawasna Citatah di Kabupaten Bandung Barat. Tepat nya berada di 5 Km Padalarang. Bila memasuki kota Bandung dari Cianjur, Bogor, Jakarta yang melewati Puncak atau Jonggol. Maka akan melewati kawasan wisata ini. Wisata yang berada di Kabupaten Bandung ini sering di datangi oleh para pecinta panjat tebing.

Tidak heran lagi, jika lokasi wisata ini menjadi salah satu spot yang sangat lah menarik untuk di kunjungi. Di Kota Bandung. Apalagi bagi mereka yang memiliki hobi memanjat tebing. Akan tetapi jangan lah khawatir, karena wisata Tebing Citatah Bandung ini bukan berarti hanya untuk pecinta panjat tebing saja. Tapi tebing ini juga merupakan salah satu tempat yang bisa menjadi referensi untuk berwisata.

Macam – Macam Tebing Citatah

Tebing ini sebenar nya merupakan daerah pertambangan kapur yang sangat produktif. Yang mana pertambangan tersebut telah berlangsung sejak mulai pertengahan abad ke–19 dan terus berlangsung sampai kini. Namun dulu belum seaktif seperti sekarang yang telah menggunakan alat canggih. Seperti dinamit untuk meledakkan bagian bukit yang mengandung gamping sehingga berdampak buruk terhadap kawasan wisata Citatah itu sendiri.

Karena keluasan wilayah nya Tebing Citatah bandung tidak hanya terdiri dari satu tebing saja. Tebing Citatah memiliki sebanyak tiga tebing yang menjulang sangat tinggi. Diantara ketiga tebing tersebut diantaranya adalah Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90 dan Tebing Citatah 125.

Tebing Citatah 125

Tebing Citatah 125 terletak pada Gunung kapur yang tertinggi di daerah Citatah. Yaitu Gunung Singgalang, yang memiliki ketinggian tebing 125 meter sehingga disebut Tebing Citatah 125. Kawasan Tebing Citatah 125 ini menjadi pusat pendidikan. Untuk sekolah panjat tebing yang ada di Bandung maupun Jabodetabek. Lokasinya sangat mudah di jangkau, karena terletak tidak jauh dari jalan raya Bandung – Cianjur. Secara administrasi, tebing ini tepatnya berlokasi di Desa Citatah. Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Sama seperti tebing lainnya di kawasan ini yang penamaan nya di ikuti dengan angka di belakangnya.

Tebing Citatah 48

Tebing Citatah 48 memiliki ciri khas yang membedakan dengan tebing lain nya. Yaitu dengan terdapatnya sebuah tugu. Yang berbentuk pisau belati yang menancap tepat berada di puncak tebing. Tugu Pisau belati raksasa ini menjadi ciri khas yang sangat mencolok. Untuk memakai tempat ini harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Dari Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus atau Pusdipassus yang berada di Batu Jajar, Bandung Barat. Surat izin kegiatan harus diajukan jauh hari sebelumnya, kurang lebih sekitar 1 bulan karena akan melalui proses yang lama. Untuk ke Tebing Citatah 48, diperlukan perjalanan kurang lebih 15 menit dari Tebing Citatah 125.

Tebing Citatah 125

Tebing Citatah 125 merupakan tebing dari Batuan Andesit dan Batuan Marmer. Tingkat kesulitan dapat terbagi berdasar kelasnya, mulai dari tingkat normal sampai yang tersulit. Jalur pemanjatan banyak tesedia, sehingga bagi para pemanjat tinggal memilih jalur pemanjatan yang akan di gunakan nya. Ada Jalur Hanoman dan Jalur Elang, kedua jalur ini memiliki karakteristik yang berbeda. Tebing Citatah 125 sering di jadikan tempat untuk latihan dari berbagai kalangan. Mulai dari yang pemula sampai professional

Leave a Reply