Page Rank Promoter
Bisnis

Perbedaan Fungsi Masjid Pada Masa Sekarang

Perbedaan Fungsi Masjid Pada Masa Sekarang

Perbedaan Fungsi Masjid Pada Masa Sekarang

Harga Kubah Masjid Modern pada umumnya dan seterusnya akan selalu menjadi bangunan tempat peribadatan bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Memang benar jika pada dasarnya kita bisa sholat dimanapun selama tempat tersebut aman dan kita yakini bersih dan bebas dari najis, Tapi keberadaan masjid tetap menjadi salah satu acuan utama yang sangat penting sebagai tempat peribadatan bagi umat Islam, khususnya bagi kaum laki-laki yang memang lebih diutamakan melakukan sholat wajib secara berjama’ah di masjid.

Manfaat Masjid

Dengan adanya masjid, maka kebudayaan Islam bisa lebih mudah untuk dilakukan, dikembangkan, atau kemudian di sebarluaskan. Terutama jika mengingat banyaknya presentase pemeluk agama Islam di Indonesia, maka keberadaan bangunan masjid menjadi salah satu hal pokok yang wajib ada di setiap tempatnya. Selain itu kegiatan keagamaan lain juga bisa dilakukan di dalam masjid seperti mengadakan pengajian, pengajaran Al-Qur’an dan juga masih banyak hal yang berhubungan dengan keagamaan lain yang bisa dilakukan di dalam masjid.

Tentunya di masa sekarang ini bangunan masjid sudah dirancang dan dibangun sedemikian rupa agar bisa memenuhi setiap kegiatan keagamaan umat islam. Tak terkecuali dengan menambahkan berbagai peralatan dan perlengkapan yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan keagamaan tersebut. Dengan adanya masjid umat islam juga bisa lebih mudah mengetahui kapan waktu sholat wajib tiba, dari terdengarnya suara adzan yang dikumandangkan dari masjid. Selain itu banyak juga kegiatan sosial, diskusi keagamaan atau juga pemberian pendidikan yang sering dilakukan di masjid. Karena itu fungsi masjid di jaman sekarang ini sungguh sangat penting bagi umat islam.

Namun jika dibandingkan dengan fungsi Harga Kubah masjid Modern saat jaman Rosulluh, maka fungsinya yang sekarang ini terlihat lebih sedikit dan sederhana. Hal tersebut karena pada jaman Rosulullah Muhammad, masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk beribadah dan melangsungkan sholat jama’ah. Fungsi lainnya adalah sebagai sekolah, tempat berkumpul dan mengajarkan ilmu tentang syari’at-syari’at agama Islam, tempat untuk berkonsultasi dan komunikasi, tempat santunan sosial, tempat pendidikan, tempat latihan militer dan juga persiapan alat-alat perang, sebagai aula untuk menerima tamu, tempat pengobatan bagi para korban perang, tempat menawan tahanan perang, tempat untuk menegakkan perdamaian dan pengadilan sengketa, sebagai tempat untuk pembelaan agama, serta sebagai tempat bernaung bagi orang asing (musafir) atau tunawisma dimana mereka bisa mendapatkan makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya di dalam masjid.

Fungsi masjid

Dari fungsi-fungsinya tersebut, masjid pada jaman Rosulullah bisa dikatakan menjadi tempat pusat aktifitas bagi umat islam dimana hampir setiap kegiatan umat islam pada jaman tersebut dilakukan di masjid. Selain itu hal penting lainnya yang biasanya dilakukan oleh umat islam pada jaman Rosulullah adalah berdiam di masjid untuk berjumpa dan mendengarkan arahan-arahan dari sang Rosul tentang berbagai hal seperti prinsip-prinsip keberagaman, tentang perubahan dan perkembangan system masyarakat, serta tentang ayat-ayat Al-Qur’an yang baru turun.

Itulah mengapa baik di jaman Rosulullah maupun di jaman sekarang ini masjid memiliki peran dan fungsi yang sangat penting bagi umat islam terutama untuk menegakkan dan menyebarluaskan kebudayaan serta ajaran-ajaran umat islam.  Silahkan Anda baca di Harga Kubah Masjid Modern.

Leave a Reply