Page Rank Promoter
Kesehatan

Pengertian Xanthelasma

Pengertian Xanthelasma

Xanthelasma yaitu keadaan timbulnya plak kuning seperti gumpalan lemak diatas atau dibawah kelopak mata, persisnya di pojok mata atau canthus yang bisa berkembang seiring berjalannya waktu. Penyakit kulit ini termasuk juga yang paling umum berlangsung, terutama pada wanita umur paruh baya sampai umur senja. Namun tidak tutup peluang bisa berlangsung pada pria di semua umur baca juga 

Xanthelasma yang tumbuh bisa berupa seperti gumpalan lembut, berkapur, atau semi padat, dengan tempat simetris di kelopak mata. Ada 4 titik kelopak mata dimana gumpalan itu umumnya keluar, yakni diatas serta dibawah pojok mata sisi dalam, pada mata kanan serta kiri. Kelopak mata bawah sering jadi ruang yang seringkali ditumbuhi gumpalan itu.

Xanthelasma – Alodokter

Meskipun xanthelasma tidak sering berlangsung serta tidak membahayakan, keadaan ini dapat jadi tanda dari satu penyakit serius, seperti penyakit jantung atau stroke. Diluar itu, xanthelasma tidak bisa hilang dengan sendirinya serta membutuhkan pertolongan medis untuk perlakuannya.

Penyebabnya Xanthelasma
Xanthelasma dikarenakan oleh kelainan enzim yang terakumulasi didalam sel kulit, terutama di sekitaran ruang mata, serta sering diasumsikan dengan hiperlipidemia (kandungan lemak yang tinggi dalam darah). Pada keadaan ini, cholesterol “jahat” (LDL) dalam darah terdorong keluar ke permukaan kulit serta membuat gumpalan berwarna kuning seperti lemak atau lipid.

Sebagian aspek beda yang bisa tingkatkan resiko seorang alami xanthelasma yaitu :

Rendahnya kandungan cholesterol “baik” (HDL) dalam darah.
Mempunyai kisah penyakit cholesterol atau hiperkolesterolemia.
Mempunyai penyakit sirosis bilier primer atau rusaknya pada saluran empedu hati.
Diabetes.
Desakan darah tinggi.
Diluar itu, pasien obesitas serta perokok juga berisiko tinggi alami penyakit ini, karena ke-2 aspek itu bisa tingkatkan penumpukan lemak pada badan serta menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Tanda Xanthelasma
Singkatnya, tanda xanthelasma cuma diikuti dengan timbulnya lipid atau lemak berwarna kekuningan yang selalu bertumbuh di sekitaran kelopak mata.

Dalam masalah spesifik, tanda xanthelasma mempunyai kemiripan dengan penyakit kulit yang lain. Dianjurkan untuk mereka yang alami tanda itu untuk menjumpai dokter supaya bisa didiagnosa serta dikerjakan dengan pas.

Diagnosis Xanthelasma
Awal mulanya, dokter juga akan mengecek gumpalan atau tonjolan pada kelopak mata pasien, dari mulai warna serta ukurannya untuk ketahui bila ada tanda-tanda penyakit xanthelasma. Mengingat keadaan ini bisa dipicu oleh satu keadaan yang lain, jadi tes kelanjutan seperti kontrol desakan darah, tes laboratorium, serta tes kesehatan jantung, peluang juga akan dikerjakan.

Penyembuhan Xanthelasma
Meskipun xanthelasma tidak membahayakan, namun begitu dianjurkan untuk lakukan penyembuhan supaya lipid tidak selalu bertumbuh serta mengganggu pandangan. Perlakuan dapat dikerjakan lewat perubahan pola hidup (termasuk juga alur makan) atau lewat aksi bedah.

Merubah Alur Hidup

Hal semacam ini biasanya dikerjakan untuk turunkan kandungan cholesterol dalam darah serta menghimpit petumbuhan dari lipid. Diluar itu, sebagian potensi penyakit seperti serangan jantung atau stroke dapat juga dihindari lewat langkah tersebut.

Aksi Bedah

Dalam masalah dimana pasien terganggu dengan gumpalan lemak yang tumbuh, aksi bedah bisa dikerjakan untuk mengangkat susunan itu dari sekitaran kelopak mata. Besarnya sayatan yang dibutuhkan juga akan sesuai dengan keadaan lipid yang tumbuh.

Terkecuali bedah, langkah beda yang bisa dikerjakan untuk mengangkat gumpalan itu salah satunya yaitu lewat tehnik electrodessication serta cryotherapy. Ke-2 tehnik ini mempunyai tujuan untuk mematikan sel yang mengakibatkan xanthelasma berlangsung. Electrodessication dikerjakan dengan pertolongan gelombang listrik, sedang cryotherapy memakai suhu yang begitu dingin. Resikonya yang mungkin saja berlangsung dari ke-2 cara ini yaitu timbulnya jaringan parut serta hipopigmentasi. Keduanya juga tidak bisa dikerjakan bila xanthelasma telah meluas kedalam menjangkau otot.

Diluar itu sebagian cara diatas, ada pula tehnik yang dikatakan sebagai ablasi laser argon dengan memakai gas karbon dioksida. Dalam tehnik ini, dokter juga akan memakai cahaya laser untuk menghancurkan lemak dengan bertahap. Pasien juga akan diberi suntikan anestesi lokal sebelumnya aksi dikerjakan.

Untuk meminimalkan resikonya seperti dampak parut, tehnik kauterisasi dengan cairan kimia bisa dikerjakan. Dalam tehnik ini, dokter juga akan memoleskan zat seperti asam asetat diklorinasi, asam monokloroasetat, asam diklororoetat, atau asam trikloroasetat untuk mematikan jaringan pada gumpalan xanthelasma.

Walaupun aksi bedah biasanya dianjurkan untuk menyembuhkan xanthelasma, butuh diingat kalau prosedur ini tidak terlepas dari potensi komplikasi, seperti perubahan susunan kelopak mata serta masalah perkembangan bulu mata sesudah operasi, atau perubahan warna kulit serta hipopigmentasi sesudah pemakaian cairan kimia, seperti asam trikloroasetat.

Mencegah Xanthelasma
Mengingat penyebab paling utama xanthelasma yaitu cholesterol tinggi, jadi mencegah paling utama yang butuh dikerjakan yaitu dengan dengan melindungi alur makan serta konsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dengan teratur supaya kandungan cholesterol itu alami penurunan serta tidak menumpuk. Hal ini dapat juga menolong turunkan resiko terkena penyakit yang lain, seperti penyakit jantung atau stroke.

Leave a Reply