Page Rank Promoter
Kecantikan

Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

 

Kesehatan Paru-paru – Dalam keadaan rileks, kamu dapat bernapas sampai 30 ribu kali tiap harinya. penyakit serupa kanker paru, pneumonia, penyakit paru obstruktif kronis (ppok), sampai asma mampu menghalangi keahlian kamu buat menghisap oksigen. oksigen seorang diri diperlukan oleh tiap sel dan juga jaringan badan buat berperan maksimal. buat itu, sama serupa penggalan badan yang lain, kamu butuh memperoleh nutrisi dari santapan sehat supaya kesehatan paru-paru tetap terpelihara.

apa aja nutrisi yang diperlukan buat melindungi kesehatan paru-paru?

berikut ini merupakan catatan nutrisi berarti yang diperlukan oleh paru-paru, supaya kamu mampu bernapas lebih baik.

1. karotenoid

karotenoid merupakan melamin yang berikan corak terang pada wortel, bayam, kangkung, tomat, labu kuning, dan juga ubi jalar. karotenoid telah teruji mampu menolong kurangi tekanan pikiran oksidatif sampai-sampai menghindari kanker paru-paru, dan membetulkan kapasitas paru buat bernapas pada orang-orang yang mempunyai asma dan juga ppok.

salah satu “anggota keluarga” karotenoid, lycopene, dilaporkan mampu kurangi peradangan pada saluran respirasi. riset terdahulu menampilkan kalau beta-karoten dalam wortel, Snack Box di Jakarta yang diganti jadi vit a dalam badan, mampu kurangi kekambuhan asma akibat berolahraga.

2. vit c

vit c erat kaitannya dengan nutrisi penangkal flu dan juga pilek. tetapi suatu riset pembahasan terbitan journal of the royal society of medicine pada tahun 2007 menampilkan kalau konsumsi antioksidan ini pula berguna buat menjauhkan kamu dari pneumonia, sehabis mengkaji 5 riset berubah. fakta dari riset eksperimental yang lain menampilkan kalau vit c berarti dalam menghindari pertumbuhan ppok dan kemajuan penanganannya.

tidak hanya itu, vit c pula dilaporkan mampu menghindari dan juga mengatur indikasi asma. konsumsi vit c sepanjang kehamilan berhubungan dengan penyusutan resiko mengi (nafas bunyi “ngik-ngik) pada anak umur dini. khasiat yang sama pula ditemui pada mengkonsumsi vit c sepanjang masa anak-anak. satu riset di jepang menciptakan kalau peristiwa asma ditemui amat rendah pada kanak-kanak prasekolah yang menemukan lebih banyak konsumsi vit c setiap hari daripada yang tidak.

tidak hanya jeruk, kamu pula dapat memperoleh konsumsi vit ini dari paprika kuning, pepaya, jambu biji, kiwi, dan juga mangga. vit c pula ada dalam jahe, yang secara alamiah bertabiat menghangatkan buat menolong mengencerkan dahak.

3. vit e

vit e (α-tocopherol) merupakan sumber antioksidan yang berguna buat menolong memperlambat penuaan. tetapi tidak hanya itu, vit dilaporkan mampu menanggulangi permasalahan suara mengi sekalian tingkatkan guna paru-paru. fakta dari riset observasional pula menampilkan kalau tingkatkan konsumsi sumber santapan kaya vit e sepanjang berbadan dua dan juga menyusui mampu kurangi resiko asma dan juga suara mengi pada kanak-kanak.

tidak hanya itu, kenaikan konsumsi vit e telah teruji mampu kurangi frekuensi kekambuhan permasalahan respirasi pada orang berusia penderita ppok. resiko pertumbuhan ppok pula ditemui menyusut sampai 10 persen pada perempuan yang komsumsi suplemen vit e 600 iu.

vit e dapat kamu miliki dari kacang-kacangan, sayur-mayur hijau, minyak bunga matahari, gandum, dan juga minuman berbasis susu. buat memperoleh khasiat kesehatan paru-paru yang amat optimal dari vit e, konsumsilah berbarengan sumber santapan kaya vit c. vit c dan juga e bekerja sama melawan radikal leluasa dalam badan.

4. mineral

sebagian mineral ditemui amat berguna buat melindungi kamu dari kendala respirasi. pada kanak-kanak, kenaikan konsumsi magnesium, kalsium, selenium, dan juga potasium dari santapan fresh dilaporkan merendahkan resiko peristiwa asma. magnesium dapat mengendurkan otot-otot di dekat bronkus paru, sampai-sampai membikin saluran respirasi senantiasa terbuka. penyempitan bronkus merupakan yang merangsang gempuran asma.

kamu dapat memperoleh sekelompok mineral berarti ini dari sayur-mayur bercorak hijau, kacang dan juga biji-bijian, gandum, daging sapi dan juga ayam, ikan, telur, buah-buahan, dan juga bawang putih. bawang putih tidak hanya memiliki selenium, pula memiliki alisin yang mampu tingkatkan aliran darah ke paru-paru supaya kamu mampu bernapas lebih baik.

5. vit b

tingkatkan konsumsi santapan kaya asam folat (vit b-9) pula mampu menolong melindungi paru-paru kamu dari penyakit paru obstruktif kronik, ataupun ppok — suatu sebutan yang mencakup bermacam keadaan paru-paru, tercantum emfisema, bronkitis kronis, dan juga sebagian wujud asma.

suatu riset tentang orang berusia owner ppok yang diterbitkan di harian asia pacific journal of clinical nutrition pada tahun 2010 menciptakan kalau indikasi sesak nafas akibat ppok terpaut dengan rendahnya konsumsi santapan kaya folat.

tidak hanya itu, vit b-6 berhubungan dengan guna paru yang lebih baik secara totalitas dan juga proteksi terhadap kanker paru. dalam suatu riset yang diterbitkan dalam journal of american medical association pada tahun 2010, resiko kanker paru ditemui lebih rendah pada ilustrasi darah baik kepunyaan perokok dan juga non-perokok yang tingkatkan konsumsi santapan besar vit b-6.

sebagian santapan sumber vit b tersadu merupakan salmon, brokoli, bayam, selada, ikan, telur, susu, gandum, dan juga kacang-kacangan.

Leave a Reply