Page Rank Promoter
Kesehatan

Ketahui Apa Saja Masalah Pada Sistem Hormon Manusia

 

Sistem hormon manusia berperan penting dalam mengelola perkembangan serta perubahan tubuh, peranan jaringan, metabolisme, situasi hati, sistem reproduksi, sampai peranan seksual. Oleh karenanya, masalah pada sistem ini bisa mengakibatkan problem kesehatan serius.

Sistem hormon manusia terbagi dalam beberapa kelenjar paling utama: kelenjar tiroid, paratiroid, hipofisis, hipotalamus, adrenal, epifisis, pankreas, serta kelenjar reproduksi. Hormon mentransfer instruksi serta info dari satu sel ke sel yang lain. Walau begitu, setiap tipe hormon cuma bisa merubah beberapa sel spesifik.

 

Masalah Sistem Hormon

Biasanya masalah sistem hormon dikarenakan dua hal paling utama : ada tonjolan seperti tumor pada sistem hormon serta tidak seimbangnya hormon. Kandungan hormon pada tubuh manusia perlu senantiasa ada dalam keadaan normal. Kandungan hormon yang sangat tinggi atau sangat rendah bisa mengakibatkan masalah pada tubuh.

Masalah hormon pertumbuhan

Tumor pada kelenjar hipofisis bisa mengakibatkan perkembangan terlalu berlebih pada tulang serta bagian tubuh yang lain. Keadaan yang disebut gigantisme ini bisa diatasi dengan mengangkat tumor itu.

Demikian sebaliknya, tubuh manusia tidak berkembang dengan baik sebab minimnya hormon perkembangan yang diproduksi kelenjar pituitari. Keadaan ini bisa diatasi dengan terapi pengganti hormon serta pemberian obat-obatan.

Hipotiroidisme

Keadaan ini disebabkan karena produksi hormon tiroid yang menyusut. Minimnya kandungan tiroid dalam darah bisa mengakibatkan kulit kering, bertambahnya berat badan, konstipasi, serta kelelahan.

Anak-anak yang alami keadaan ini biasanya lebih lambat bertumbuh serta lebih lama meraih pubertas.

Hipertiroidisme

Keadaan ini berlangsung ketika kandungan hormon tiroid dalam darah begitu tinggi, satu diantaranya karena penyakit Grave, yang mengakibatkan kelenjar tiroid jadi begitu aktif. Hipertiroidisme ditandai dengan penurunan berat badan yang cepat, banyak berkeringat, gelisah, serta jantung yang berdebar kencang. Kondisi ini bisa diatasi dengan obat-obatan, radiasi, serta operasi.

Hipopituitarisme

Adalah masalah yang ditandai dengan sedikitnya hormon yang diproduksi kelenjar hipofisis (pituitary) karena sebagian tipe penyakit yang berlainan. Sebagian aspek yang bisa mengakibatkan keadaan ini yaitu tumor, radiasi, infeksi, serta banyak hal lain. Penyembuhan dari masalah ini yaitu dengan terapi penggantian hormon serta pemberian obat-obatan.

 

Untuk mendiagnosis peluang serta penyebab masalah pada sistem hormon, dokter bisa lakukan kontrol urine serta kontrol darah untuk tahu kandungan hormon. Sementara itu, tonjolan pada kelenjar bisa dideteksi dengan pemindaian. Bila Anda mempunyai tanda-tanda yang terkait dengan masalah sistem hormon, sebaiknya lekas berkonsultasi dengan dokter sebelum akan muncul masalah lain yang lebih serius. Adapun untuk merawat sistem pencernaan Anda, dianjurkan minum herbal fiforlif sebagai salah satu solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *