Page Rank Promoter
Berkebun

Kemajuan Industri Kelapa Sawit Kuncinya Adalah Hadirnya Pekebun Rakyat

Industri kelapa sawit Indonesia sudah lama memetik kritik dari konsumen—proses produksinya seringkali dihubungkan dengan pekerja dibawah usia serta kerja paksa, deforestasi besar-besaran, dan serta kepunahan spesies perlu seperti orang utan. Banyak pihak yakin kalau penyelesaian problem ini jadi pekerjaan perusahaan-perusahaan besar. Walau demikian, pendekatan ini melupakan satu aktor kunci dalam produksi kelapa sawit : pekebun rakyat.

“Pekebun swadaya”, pekebun yg tidak berkaitan dengan perusahaan atau pabrik spesifik, mengelola sekitaran seperempat perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Jumlah itu cukup besar mengingat industri ini hasilkan 31 juta ton kelapa sawit per th. untuk beragam manfaat, dari mulai kosmetik, bahan bakar nabati, sampai makanan. Peneliti memperkirakan kalau pekebun rakyat juga akan melipat-gandakan kemampuan produksi mereka dalam satu dasawarsa ke depan sampai 60 % dari keseluruhnya lokasi perkebunan kelapa sawit di Indonesia pada th. 2030.

Oleh karenanya, pekebun swadaya mempunyai peranan perlu dalam wujudkan industri kelapa sawit yang bebas perseteruan serta berkepanjangan. Tujuan ini di dukung oleh pemerintah Indonesia and perusahaan-perusahaan yang mempunyai prinsip “nol deforestasi”. Sayangnya, sumber daya yang dipunyai oleh pekebun rakyat untuk mulai produksi kelapa sawit berkepanjangan cukup terbatas.

Leave a Reply