Page Rank Promoter
Bisnis

Kelebihan Flip Chart Dibandingkan Papan Tulis

Saat ini orang-orang berprestasi dengan menggunakan alat-alat canggih, akan tetapi flip chart sendiri masih banyak yang menggunakannya. Harga flip chatr yang terjangkau juga sebagai salah satu alasan mengapa alat ini masih banyak dipilih dari pada papan tulis. Namun, apakah Anda tahu apa lagi kelebihan dari flip chart dibandingkan dengan papan tulis? Nah, kali ini kami akan mengajak Anda membedakan antara flip chart beserta papan tulis dengan keunggulannya.

Cocok untuk metode ceramah

Penggunaan flip chart memang sangat bergantung pada metode yang dipakai, dan flipchart ini sangat cocok untuk metode presentasi ceramah. Pada metode ini, flip chat bisa dipakai untuk menjelaskan pada poin-poin yang akan Anda sampaikan. Sedangkan ketika metode yang digunakan adalah kombinasi antara visual dan ceramah, maka flip chart ini bisa dipakai untuk menampilkan ilustrasi, gambar maupun kata inti dari pembicaraan.

Berbeda dengan papan tulis yang hanya digunakan untuk menampilkan tulisan saja. Dengan menggunakan flip chart maka perhatian audiens akan fokus ke Anda karena lebih menarik. Oleh karena itu, maka sebaiknya flip art ini menggunakan kombinasi antara warna-warna yang menarik.

Memberikan kesan lebih hidup

Walaupun flipchart ini dipakai untuk presentasi yang kecil dengan peserta yang terbatas, namun flipchart ini memang sangat tepat dijadikan opsi ketika presentasi dengan memberikan kesan yang lebih segar dan hidup. Ketika listrik padam maka presentasi masih tetap bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu flip chart menjadi opsi paling baik untuk presentasi. Anda harus tetap menyiapkan bahan materi terlebih dahulu dengan menuliskannya menggunakan huruf besar atau sekiranya bisa dibaca oleh audiens.

Akan tetapi meskipun Anda tidak menyiapkan bahan materi terlebih dahulu, Anda masih bisa presentasi dengan maksimal yang hanya menuliskan poin-poin pada penyampaian materi tersebut. Oleh karena itu flipchart ini memang menjadi alat bantu presentasi yang fleksibel dan multifungsi.

Biasanya flipchart yang tersedia di toko flipchart Jakarta menyediakan berbagai macam bentuk warna dan juga bahan yang bisa Anda pilih yang menurut Anda paling cocok untuk kebutuhan.

Mudah dibawa

Kelebihan flip chart dibandingkan dengan papan tulis lainnya yaitu mudah dibawa. Hal tersebut dikarenakan kaki pada flip chart bisa dilipat atau dimasukkan sehingga membuatnya ringkas. Flip chart ini juga sangat cocok untuk kelas outdoor. Biasanya para presentator akan menggunakan flip chart karena lebih mudah untuk berimprovisasi.

Di samping itu, seperti yang telah dikatakan di atas bahwa harga flipchart cukup murah dan tidak perlu arus listrik sehingga akan mempermudah internalisasi dari materi yang akan disampaikan. guna memaksimalkan keberhasilan dari presentasi maka ada baiknya flip chart ini digunakan untuk presentasi yang kecil yaitu dihadiri tidak lebih dari 20 orang. untuk penataan posisi duduk juga harus diperhatikan agar mereka mendapatkan sudut pandang serta visibilitas yang baik.

Ukuran flip chart

Untuk kelebihan dibandingkan dengan papan tulis selanjutnya yaitu terletak pada ukurannya yang simple. Ukuran flipchart hanya tersedia terbatas yaitu 60 x 90 cm dan 75 x 100 cm. Sedangkan ukuran papan tulis bervariasi dan kebanyakan ukurannya besar yaitu yang terbesar 120 x 240 cm. Oleh karena itu, karena ukuran flipchart ini simple maka lebih mudah untuk digunakan dibandingkan dengan papan tulis.

Nah, itulah tadi kelebihan dari flip chart dibandingkan papan tulis. Untuk Anda yang ingin mendapatkan alat tersebut bisa mendapatkannya di toko peralatan kantor Jakarta. Saat ini sudah ada berbagai macam pilihan di toko flip chart yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau Anda bisa memesannya di web kami.

Leave a Reply