Page Rank Promoter
Pendidikan

Ikuti 5 Tips Ini agar Kamu Lulus Tes JLPT

Untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja di Jepang, tes JLPT sangatlah penting karena tes tersebut merupakan sebuah bukti kemampuanmu dalam berbahasa Jepang. Bagi kamu yang berencana mengikuti tes ini, berikut 5 tips agar lulus tes JLPT.

Tips JLPT Kosakata 文字 ・ 語彙 (moji ・ goi)

Tidak sedikit yang merasa kesulitan pada bagian ini. Mungkin karena ada banyak pertanyaan kosakata berdasarkan karakter kanji yang menjadi kelemahan mereka. Biasanya kesulitan ini dialami oleh mereka yang ujian N1 dan N2. Jelas jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan banyak-banyak membaca dan mempelajari kosakata bahasa Jepang baru. Semakin banyak kata dalam bahasa Jepang yang kamu tahu, semakin tinggi peluang untuk menjawab pertanyaan pilihan ganda bagian kosakata dengan benar.

 

Tips JLPT Tata Bahasa 文法 (bunpou)

Bagian tata bahasa dalam tes JLPT menguji seberapa baiknya kamu memahami tata bahasa yang diperlukan untuk tingkat yang diambil. Penggunaannya merujuk pada bagaimana setiap tata bahasa terhubung dalam suatu kalimat dan kapan penggunaan bentuk kalimat tertentu dengan tepat.

Selama kamu mempelajari dan memahami makna dan penggunaan setiap tata bahasa dengan cukup baik, serta banyak berlatih pada pertanyaan tata bahasa JLPT sebelumnya, tidak sulit untuk mencetak skor dengan baik di bagian ini.

 

Tips JLPT Membaca 読 解 (dokkai)

Banyak orang yang lemah dalam bagian membaca dan skor total mereka sering menjadi lebih rendah karena bagian ini memiliki jumlah skor yang paling besar. Mungkin karena ada banyak karakter kanji di artikel yang belum dikenal atau belum pernah dilihat sebelumnya.

Selain itu, biasanya peserta cenderung menghabiskan lebih banyak waktu pada bagian ini dan kemudian waktu yang tersisa untuk bagian lain dalam ujian menjadi lebih sedikit. Kamu sangat disarankan untuk melakukan bagian tata bahasa dan kosakata terlebih dahulu karena waktu yang dibutuhkan untuk bagian tersebut kemungkinan besar tidak sebanyak bagian membaca.

 

Tips JLPT Mendengarkan/Menyimak 聴 解 (choukai)

Bagian mendengarkan atau menyimak dianggap yang paling sulit bagi kebanyakan orang karena selama tes, peserta hanya memiliki satu kesempatan untuk mendengarkan setiap pertanyaan dan harus segera menjawabnya.

Kecuali jika kamu tinggal di Jepang, satu-satunya cara untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan atau menyimak ini adalah dengan mendengarkan lebih banyak bahasa Jepang, baik melalui internet atau CD.

Selain mendengarkan berita berbahasa Jepang dan menonton drama, hal lain yang dapat kamu lakukan adalah mendengarkan CD ujian JLPT sebelumnya dan mengulangnya secara terus-menerus hingga kamu terbiasa dengan kecepatannya.

Jaga Kesehatan

Berlatih dan belajar memang kunci inti lulus tes JLPT tapi jika kamu terlalu mendorong dirimu untuk berlatih dan belajar, kamu bisa jatuh sakit. Jadwalkan waktu untuk beristirahat, olahraga, dan hiburan. Hal ini untuk menghindari kamu jatuh sakit di hari-H. Sayang jika sudah berusaha lalu semua harus batal karena kamu jatuh sakit.

Baca Juga

Leave a Reply