Page Rank Promoter
Bisnis

Harga Kubah Masjid Beton

Harga Kubah Masjid Beton – Masjid Raya Singkawang pertama kalinya dibangun pada th. 1880 oleh Bawasahib Maricar serta keluarganya yang disebut muslim pendatang serta pedagang dari Calcutta India, yang lalu diangkat Pemerintah Belanda jadi Kapitan di Singkawang pada th. 1875. Kapitan Bawasahib Maricar membuat Masjid Raya di lokasi Pasar Baru Singkawang saat itu.

Waktu dibuatnya Masjid tempat beribadah umat Islam di Singkawang waktu itu masih tetap simpel, masih tetap memiliki ukuran kecil serta tidak memiliki menara. Kapitan Bawasahib Maricar membuat Masjid Raya di tanah kepunyaannya yang berupa segitiga berdekatan dengan Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang dibuat oleh seseorang Kapitan dari etnis Tionghoa, Kubah Masjid.

Tetapi sekitaran th. 1937, berlangsung kebakaran hebat di pusat kota Singkawang saat itu, kebakaran itu sudah membumihanguskan bangunan-bangunan, termasuk juga Masjid Raya serta Vihara. Tetapi tidak lama berselang sekitaran th. 1940 Masjid Raya dibuat kembali kembali di tempat yang sama oleh 3 orang bersaudara keluarga dari Bawasahib Maricar yakni Haji B. Achmad Maricar, B. Mohammad Haniffa Maricar serta B. Chalid Maricar.

Perjalanan Histori Masjid Raya Singkawang sampai ke memiliki bentuk sekarang ini

Keadaan Masjid diperluas dengan sumbangan tempat tanah punya keluarga Kapitan Bawasahib Maricar, serta baru pada th. 1953 mulai dibuat menara yang terdapat selain kiri Masjid Raya, meski makin luas tetapi bentuk areal Masjid itu masih tetap berupa segitiga, berikut satu diantara kekhasan dari Masjid Raya Singkawang berdiri dengan bentuk segitiga yang dikelilingi oleh jalan raya.

Hingga tidak mengherankan apabila tiap-tiap pendatang atau pelancong yang berkunjung ke kota Singkawang seolah tidak akan afdol apabila tidak berkunjung atau nikmati pemandangan Masjid Raya Singkawang yang berdekatan dengan Kelenteng atau Vihara Tri Dharma Bumi Raya, ke-2 bangunan ini adalah keunikan sendiri orang-orang Singkawang, Harga Kubah Masjid Beton.

Bangunan masjid dari th. 1940-an itu saat ini sudah dirombak jadi satu bangunan masjid megah serta moderen diperlengkapi dengan dua menara menjulang disisi kiri serta kanan bangunan paling utama. Ada bagian-bagian dari bangunan masjid lama yang masih tetap dipertahankan keasliannya untuk menjaga histori masjid itu. Yang masih tetap benar benar utuh dipertahankan yaitu menara lama masjid itu yang masih tetap berdiri kuat seperti aslinya bersisian dengan satu diantara menara baru-nya.

Interior Masjid Raya Singkawang

Masjid Raya Singkawang saat ini jadi satu diantara landmark serta kebanggaan warga kota Singkawang, untuk meningkatkan aktivitas ibadahnya Masjid Raya Singkawang juga membangun TPA atau Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an letaknya di ruang belakang masjid samping kanan. Keberadaannya telah pasti begitu menolong pengembangan pikiran anak-anak yang beragama Islam.

Masjid yang bersih dan teratur memberi kesan nyaman, dengan dilatari oleh bangunan kota Singkawang serta pemandangan Gunung Poteng yang juga dikenal jadi ” Gunung Jempol ” Harga Kubah Masjid Beton, karna puncaknya mirip jari jempol manusia, pemandangan diwaktu malam tidak kalah indahnya Masjid Raya Singkawang penuh pesona.

Leave a Reply