Page Rank Promoter
Berkebun

Cara Menanam Pohon Jati Agar Cepat Besar, Hasilnya Lurus dan Baik

Cara Menanam Pohon Jati Agar Cepat Besar, Hasilnya Lurus dan Baik

 

Tanaman jati atau pohon jati merupakan salah satu tanaman yang tidak bisa dikesampingkan dari peradaban kita, kehadirannya selalu menemani kita dari masa yang amat jauh. Pohon jati merupakan tanaman perkebuanan yang fokus pemanfaatannya pada hasil kayunya, berbagai macam manfaat pohon jati diantaranya sebagai kayu bakar, sebagai bahan pembuatan furniture seperti lemari, kursi, meja, dan masih banyak lagi, dan bisa dimanfaatkan dalam pembuatan rumah baik untuk atap, pintu, jendela, dan masih banyak lagi kegunaannya itulah keuntungan menanam jati yang bisa anda dapatkan. Pohon jati merupakan salah satu pohon yang bisa anda jadikan investasi jangka panjang, dengan mengetahui cara menanam pohon jati yang benar, maka akan menghasilkan kayu jati yang mempunyai kualitas tinggi dan tentunya akan berimbas kepada harga jual yang tinggi, kayu jati juga mempunyai ciri khusus dari kayu jenis yang lainnya, jika anda ingin mengetahui ciri khusus pohon jati maka anda bisa membaca tulisan saya yang lain tentang mengetahui ciri khusus pohon jual bibit jati.

Tanaman jati sangat terkenal kuat dan awet, terlebih jika kayu jati yang ingin anda gunakan mempunyai umur yang tua, pastinya harga pohon jati akan memiliki harga jual yang sangat tinggi, seperti pengalaman keluarga saya saat menjual 1 pohon jati yang ada di kebun dan sudah berumur lebih dari 40 tahun dijual dengan harga puluhan juta. Sangat tinggi tentunya harga kayu jati yang akan diperoleh dari tanaman jati, terlebih jika anda menanam pohon jati dengan lahan yang sangat luas, ini akan menjadi investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan, jika tidak dijual tentunya bisa anda gunakan dalam pembuatan rumah atau furniture sebagai pelengkap kebutuhan rumah anda.

Jati merupakan salah satu jenis pohon yang dapat menghasilkan kayu dengan kualitas tinggi, mungkin anda pernah mendengar informasi tentang penemuan sebuah kapal yang diprediksi milik Nabi Nuh AS, setelah diteliti oleh para peneliti yang menyebutkan bahwa kayu yang digunakan adalah kayu jati yang diprediksi dari kayu jati di tanah jawa, benar atau tidaknya hasil kajian dari para peneliti dari situ sudah bisa kita bayangkan seberap kokoh dan kualitas tinggi dari kayu jati. Dan bagi anda yang ingin budidaya pohon jati bertujuan utama untuk investasi maka anda harus mengetahui trik atau cara menanam pohon jati agar hasil yang didapat bisa lurus dan baik tentunya. Pohon jati bisa anda tanam baik didataran rendah maupun tinggi, mau yang tadah hujan ataupun tidak, jadi garis besarnya mudah ditanam pada tempat di mana saja. “pohon jati”,”cara menanam pohon jati”,”perawatan pohon jati”

Jenis pohon jati unggul yang ada dipasaran antara lain jati plus perhutani (jpp), jati emas, jati super, jadi unggul, jati kencana, dan mungkin yang sekarang lagi trend adalah jenis pohon jati solomon, untuk lebih jelasnya tentang detail varietas pohon jati silahkan anda baca Jenis-jenis pohon jati. Oke setelah kita sedikit mengenal pohon jati maka kita langsung membahas tentang cara menanam pohon jati agar cepat besar dan tentunya hasilnya bisa lurus dan baik.

Cara menanam pohon jati yang benar
Siapkan bibit pohon jati yang sudah siap tanam dan ajir.
Olah lahan, bisa menggunakan tenaga manusia atau atau menggunakan traktor atau cultivator.
Sebar pupuk organik, anda bisa memberikan 3 ton/ha jika lebih maka lebih baik, jika anda belum mengetahui cara membuat pupuk organik maka anda bisa membaca artikel saya tentang cara membuat pupuk organik sendiri.
Buat jarak tanam pohon jati 1 x 1 m, nanti saya bikin keterangan kenapa menanam 1 x 1 m.
Penanaman pohon jati, sebelum menanam diusahakan basahi terlebih dahulu media tanam bibit jati, tujuannya agar tanah tidak pecah dan merusak perakaran bibit jati, dan jangan lupa polybag disobek dan diambil terlebih dahulu.

Timbun dan pemasangan ajir, tujuannya agat bibit jati bisa tegak dalam masa pertumbuhan. Kalau lahan budidaya pohon jati sudah basa maka tidak perlu penyiraman, akan tetapi jika kering anda bisa menyiram bibit jati yang sudah ditanam. Keterangan : Jarak 1 x 1 m bermaksud agar selama pertumbuhan tanaman jati bisa tegak dan lurus, dan setiap tahun diadakan seleksi tanaman, dan nantinya jarak tanam yang dipakai adalah 5 x 5 m, dan hasil pohon jari dari seleksi bisa anda manfaatkan, manfaat pohon jati seleksi bisa anda jual sebagai kayu bakar atau pembuatan atap rumah, dan satu lagi cara di atas juga bisa anda terapkan untuk cara menanam pohon jati super dan cara menanam pohon jati emas.

Tips menanam pohon jati Jika anda tidak ingin menambah biaya produksi, maka penanaman di musim penghujan bisa menjadi pilihan, terlebih untuk tanah yang tadah hujan. Karena kebutuhan air awal tanam sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan awal tanaman jati sampai pohon jati siap bertahan dalam kondisi kering.
Lakukan perempelan daun dan cabang pohon jati agar tanaman bisa lurus dan nutrisi yang ada di tanah bisa fokus untuk pertumbuhannya. Anda bisa menggunakan pupuk hayati seperti PGPR ataupun mikroba perakaran lainnya yang bermanfaat untuk tanaman, dan bisa dilakukan setiap 1 – 2 bulan 1x. Pupuk organik bisa anda berikan setiap

tahun dengan dosis seperti saat pengolahan lahan, dan bisa dicampur dengan PGPR saat anda sebar.
Jangan sampai lupa untuk membuat drainase agar lahan budidaya pohon jati anda tidak tergenang air saat musim hujan, jika tergenang dengan waktu yang lama maka bisa mengakibatkan pohon jati mengalami kematian.
Tips di atas juga menjadi tips perawatan pohon jati yang bisa anda lakukan saat budidaya pohon jati, dan dengan semua proses dilakukan diharapkan anda bisa memahami cara menanam pohon jati agar cepat besar, hasilnya lurus dan baik seperti yang anda inginkan, sehingga anda juga bisa menikmati harga pohon jati yang tinggi dengan kualitas pohon jati yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *