Page Rank Promoter
Uncategorized

Lidah Kena Air Panas? Coba obati dengan 3 Cara sederhana Ini

Diantara anda mungkin ada yang sudah pernah memasukkan makanan atau minuman yang panas ke dalam mulut. Tentu anda sudah tahu apa akibatnya? Ya, benar sekali, lidah terasa panas seperti terbakar akibat air panas maupun makanan yang panas. Apabila sudah demikian, maka indera perasa anda yang berada di lidah akan menjadi sensitive.

Dilain sisi, ada juga orang yang merasakan sensasi lidah yang terasa terbakar sepanjang waktu tanpa adanya sebab yang jelas. Hal ini merupakan kondisi medis yang disebut dengan sindrom lidah terbakar, serta berbeda dengan kondisi lidah kena air panas.

obat luka bernanah ampuh

Apa pun penyebabnya, jika lidah yang terbakar maka dapat memengaruhi kepekaan indera perasa serta mengurangi selera Anda. Apabila tingkat keparahan luka bakarnya pada lidah, maka Anda mungkin saja merasakan gejala seperti nyeri, kemerahan, pembengkakan, serta bahka lecet pada permukaan lidah.

Bahkan luka bakar ringan di lidah dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan. Hal ini paling sering terjadi jika anda merasakan sewaktu Anda makan maupun minum sesuatu yang hangat.

Luka bakar yang terjadi memang pada akhirnya akan sembuh sendiri, tetapi Anda dapat mempercepat penyembuhannya dengan beberapa cara sederhana. Namun untuk kasus lidah terbakar yang parah, disaranakan anda sebaiknya memeriksakan ke dokter karena dikhawatirkan dapat terjadi infeksi pada luka.

1. Bernapas melalui mulut

Segera sesudah lidah kena air panas maupun makanan yang sangat panas, maka segera muntahkan kemudian keluarkan lidah serta coba mulai bernapas melalui mulut.

Sewaktu Anda bernapas dari mulut, maka aka nada aliran udara yang dingin yang melewaktu permukaan lidah sehingga rasa sakit karena panas akan berkurang. Lalu teruskan bernapas dengan cara itu hingga rasa sakitnya mereda.

2. Makan sesuatu yang dingin

Cara ini juga bisa mengurangi peradangan serta mencegah kerusakan pada jaringan di lidah. Selain untuk itu, makan makanan maupun minuman yang dingin bagus untuk menjaga mulut supaya tetap terhidrasi agar bakteri berbahaya tidak menyebabkan infeksi.

Anda dapat mengisap es batu maupun menjilat es krim, baik minum jus dingin, dengan cara sedikit-sedikit menyesap air dingin. Lalu cobalah menahan air dingin tersebut pada mulut selama mungkin sebelum anda menelannya. Terus lakukan cara ini hingga rasa sakitnya mereda.

3. Berkumur air hangat

Pada sebuah penelitian tahun 2013 yang dimuat Journal of Plastic, Reconstructive and Aesthetic Surgery mengabarkan bahwa untuk menghambat kerusakan sesudah lidah kena air panas, maka dapat dengan berkumur air hangat.
Cara terbaik yaitu menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Mengapa garam? Karena garam dapat membantu mencegah infeksi berkembang pada mulut serta sekitar jaringan lidah yang rusak.

Campurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, kemudian berkumurlah menggunakan air garam tersebut selama 30 detik sebelum anda memuntahkannya. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari hingga lidah sudah tidak lagi terasa sakit.

Itulah cara sederhana yang bisa anda lakukan secara spontan untuk mengobati luka bakar ketika anda mulut anda terasa panas saat makan maupun minum minuman yang panas. Kunjungi almiira.com untuk mendapatkan informasi seputar salep untuk luka bakar alami yang mampu mengobati luka bakar tanpa meninggalkan bekas luka serta obat luka bernanah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *