Page Rank Promoter
Berkebun

Budidaya Pohon Baobab

Tanaman Baobab

Adalah tanaman pohon yang biasa hidup di alam liar dan juga di hutan, dan terkadang pula banyka  ditanam di kebun, pekarangan rumah dan tempat lainnya. Jual Bibit Pohon Baobab. Nama latin tanaman baobab adalah Adansonia Digitata. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari tanaman baobab ini ialah dead rat tree, monkey bread tree , upside down tree, dan cream of tartar tree.

Budidaya Pohon Baobab

Menurut berbagai sumber asal usul tanaman baobab ini berasal dari Benua Afrika. Persebaran secara luas tanaman baobab ini berada di daerah Mauritania, Senegal, Guinea, Sierra Leone, Mali, Burkina Faso, Ghana, Togo, Benin, Niger, Nigeria, Chad, Sudan, Kongo, Zaire, Eritrea, Ethiopia, Somalia ,Senegal Kenya, Tanzania, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Pulau Annobon  Jawa (Indonesia) , Nepal , Sri Lanka , Filipina, Jamaika, Afrika Selatan , Namibia, Botswana,dan Cina.

Ciri khas tanaman baobab ini memiliki bentuk pohon yang sangat besar dan batang bagian bawah cukup besar di bagian atas batang agak mengecil mirip dengani botol.

Tanaman baobab ini dapat tumbuh selama seribu tahun lebih dan kebal terhadap musim kering. Fungsi dan keuntungan tanaman baobab,bagi sebagian masyarakat digunakan untuk bahan pembuatan makanan pada buah, dan bijinya , dan juga sebagai tanaman hias dikarena batangnya memiliki bentuk yang sangat unik. Di dalam masyarakat Afrika tanaman baobab ini dianggap sebagai pohon yang keramat. Tak  jarang kita ketahui tanaman baobab ini ternyata dapat digunakan sebagai obat herbal alami di dalam pengobatan tradisional ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada di tubuh manusia.

Baobab ini juga di tanam oleh sebagian orang di arab. Beberapa pohon baobab ini dapat ditemukan di sepanjang jalan dekat jalur pantura. Baobab  indonesia dapat tumbuh di mana saja. Pohon yang ditanam di dataran rendah mampu menghasilkan buah, sedangkan yang berada di dataran tinggi sangat sulit untuk berbuah.

Pohon baobab dapat memperbanyak diri cara biji. Perbanyakan yang lain dilakukan dengan cara stek batang atau vegetatif. Sifat perakarannya hampir mirip dengan tumbuhan adenium. Batang baobab mampu menyimpan cadangan air dalam jumlah sangat banyak. Pada musim kemarau pun daun baobab tetap terlihat hijau.

Banyak Masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari pohon baobab ini. Masyarakat hanya memandang pohon ini sering menimbulkan masalah. Pohonnya terlalu banyak memakan ruang hidup tanaman lain. Masyarakat secara keseluruhan belum berminat untuk mengembangkan pohon baobab.

Sentra-sentra tanaman hias di berbagai daerah belum bersedia menjual bibit baobab. Dinas pertanian, perkebunan, dan kehutanan juga belum mempopulerkan bibit baobab kepada elemen masyarakat. Tidak tersedianya bibit baobab ini menyulitkan usaha pengembangannya di indonesia.

1. Anti oksidan

Khasiat baobab yang paling mujarab terdapat pada buah. Buah baobab ternyata anti oksidan dan menyehatkan tubuh. Buah ini sangat manjur untuk mencegah efek radikal bebas yang membahayakan kesehatan di tubuh Anda.

2. Mencegah peradangan

Khasiat baobab juga sangat ampuh sebagai anti inflamasi atau mencegah peradangan. Buah ini bisa mengatasi berbagai macam jenis peradangan yang muncul di tubuh Anda, seperti radang mulut dan radang pada tenggorokan.

3. Analgesik

Khasiat baobab yang selanjutnya yaitu dapat berperang sebagai buah analgesic. Hal ini karena berbagai macam kandungan mineral dan vitamin di dalamnya dapat bekerja sebagai buah analgesic yang alami.

Leave a Reply